BERITA

AGENDA

PENGUMUMAN

BEASISWA

Magang


Sosialisasi Program Magang Semester Genap 2013 - 2014

Dokumentasi Hasil Kesepakatan Mou dengan Dinas Pendidikan Kab/Kota Malang dan Batu


PROFIL MAGANG

 

A.  Pendahuluan

Magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Seiring dengan kebijakan kurikulum LPTK, maka FKIP UMM telah menetapkan magang sebagai matakuliah baru dan wajib bagi mahasiswa mulai angkatan 2012. Magang merupakan upaya pengenalan secara dini mahasiswa kepada sekolah (early exposure) yang dilaksanakan secara berjenjang (Magang I, II, dan III). Program magang memiliki bobot 1SKS (Magang I dan II) dan 2 SKS (Magang III).  Kegiatan magang dilaksanakan di sekolah mitra, pembimbingannya dilakukan oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) dan Guru Pembimbing Magang (GPM).

 

B.     Tujuan dan Aktivitas Magang

Secara umum program magang bertujuan untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan. Magang merupakan kegiatan akademis dan praktis yang lebih memfokuskan pada bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah.

Secara khusus Program Magang I bertujuan membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan melalui:

1.    pengamatan langsung kultur sekolah;

2.    pengamatan untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian,  dan sosial;

3.    pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik;

4.    pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan

5.    refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran.

Program Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:

1.    penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru;

2.    penelaahan strategi pembelajaran;

3.    penelaahan sistem evaluasi;

4.    perancangan RPP;

5.    pengembangan media pembelajaran;

6.    pengembangan bahan ajar; dan

7.    pengembangan perangkat evaluasi.

Program Magang III bertujuan memberikan pengalaman awal tambahan  sesuai dengan kewenangan tambahan yang akan diberikan kepada calon guru. Magang III juga bertujuan menyiapkan kemampuan awal calon pendidik dengan mengalami langsung mengajar pada bidang-bidang tertentu dalam waktu yang terbatas dengan menjadi “asisten guru”, misalnya: mencoba mengajar dengan bimbingan melekat GPM dan DPM, dengan tujuan mengalami langsung proses pembelajaran, pemantapan jati diri pendidik, dan bukan untuk keterampilan pembelajaran seperti yang terdapat pada PPL.

C.    Peran DPM dan GPM

DPM bertugas:

1)   membimbing dan mengarahkan mahasiswa peserta magang mengenai situasi, kondisi dan permasalahan di lapangan secara komprehensif;

2)   membimbing teknis pelaksanaan magang;

3)   membimbing tentang kebutuhan data dan informasi yang diperlukan oleh mahasiswa peserta magang;

4)   mengarahkan penyusunan laporan hasil kegiatan magang; dan

5)   menilai prestasi mahasiswa magang di sekolah.

 

GPM bertugas:

1)   memberikan bimbingan teknis pelaksanaan kegiatan magang dan pelaporannya kepada mahasiswa peserta magang;

2)   melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, DPM, dan mahasiswa bimbingannya dalam pelaksanaan program magang; dan

3)   mengevaluasi terhadap kinerja masing-masing peserta magang yang menjadi tanggung jawab GPM.

 

D.    Jadwal Kegiatan Program Magang

 

No.

Kegiatan Magang

Waktu*)

1.     

Sosialisasi ke mahasiswa calon peserta

April minggu ke-2

2.     

Pendaftaran peserta program magang

April minggu ke-4

3.     

Konsolidasi program dengan sekolah mitra (MoU, Sosialisasi)

April minggu ke-4

4.     

Pembekalan program magang

Mei minggu ke-1

5.     

Penempatan mahasiswa ke sekolah mitra

Mei minggu ke-1

6.     

Pelaksanaan program magang

Mei minggu ke-1 dan ke-2

7.     

Penarikan Mahasiswa Program Magang

Mei minggu ke-3

8.     

Batas Akhir Penyerahan Laporan Program Magang

Mei minggu ke-4

 

E.     Penutup

Keberhasilan penyelenggaraan program magang membutuhkan keharmonisan hubungan para pihak, yaitu FKIP UMM, mahasiswa peserta magang, sekolah mitra, DPM, dan GPM. Kondisi tersebut diharapkan selalu terbentuk secara kondusif baik di kampus maupun di sekolah mitra sehingga keberhasilan peyelenggaraan program maupun pencapaian tujuan magang, keduanya dapat tercapai.

Shared:

PENGUMUMAN

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

19 April 2018

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

12 April 2018

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

16 Maret 2018

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

06 Maret 2018

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

19 Desember 2017

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

11 Desember 2017