BERITA

AGENDA

PENGUMUMAN

BEASISWA

Prodi Pend. Bahasa Inggris

Pengantar

 

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang wajib dipelajari dan diajarkan di lembaga pendidikan formal mulai SD hingga perguruan tinggi. Bahkan di tingkat sekolah dasarpun sudah banyak sekolah yang mengajarkan Bahasa Inggris sejak kelas I sampai kelas VI. Meskipun masih sebagai mata pelajaran muatan lokal, namun Bahasa Inggris di SD sudah menjadi kebutuhan utama baik SD di perkotaan maupun di pedesaan. Dimasukkannya pelajaran Bahasa Inggris ke dalam kurikulum SD hingga perguruan tinggi merupakan suatu keharusan karena bangsa Indonesia sedang membangun peradaban baru yang sejajar dengan negara-negara maju.
 

 

Sebagaimana diamanatkan dalam Higher Education Long-Term Strategy 2003-1010, membangun masyarakat masa depan yang mampu menghargai keragaman sebagai perekat integrasi bangsa merupakan salah satu sasaran utama program pendidikan tinggi, disamping peningkatan daya saing bangsa melalui peletakan landasan bagi pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh, yang mampu bersaing ditingkat regional, nasional maupun global. Untuk mencapai sasaran tersebut, bangsa Indonesia harus mampu menguasai Bahasa Inggris sebagaimana negara-negara besar didunia menggunakan Bahasa Inggris sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Oleh karena itu Bahasa Inggris yang diajarkan di lembaga pendidikan formal diharapkan mampu mengantarkan lulusan yang dapat melakukan transfer ilmu pengetahuan dan tehnologi.
 

 

Sejak dikeluarkannya perundangan, seperti PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menuntut kualifikasi guru yang memiliki standar mutu dan standar kompetensi sesuai dengan bidangnya, maka Jurusan Bahasa Inggris bertekad menghasilkan guru yang profesional, kreatif dan berwawasan masa depan serta mampu memanfaatkan ilmunya guna pengembangan IPTEK dan peningkatkan kualitas SDM. Profesionalisme guru yang demikian itu hanya bisa diwujudkan melalui Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki citra dan keunggulan.
 

Sementara itu Jurusan Bahasa Inggris FKIP UMM yang berstatus terakreditasi dengan kategori B (Baik) dengan angka komulatif 321 berdasarkan Sertifikat Akreditas Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Depdiknas RI Nomor: 039/BAN-PT/Ak-VII/S1/XI/2003, tanggal 6 November 2003, merasa berkewajiban dalam mengembangkan sekaligus meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan Bahasa Inggris. Sedangkan keunggulan yang dimiliki Jurusan Bahasa Inggris antara lain adalah mampu menghasilkan guru Bahasa Inggris yang handal serta memiliki ketrampilan tambahan seperti guru Bahasa Inggris untuk anak dan ahli dibidang terjemahan, entrepreneur, dan tourist guide. Didukung oleh beberapa kelebihan seperti: diajar oleh tenaga Native Speaker, memiliki computerized digital laboratorymicro teaching,  lab. Drama dan supporting system yang lain seperti keberadaan American Corner (Amcor) dan American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) atas kerjasama antara UMM dengan Kedutaan Amerika .


 

Visi

 

Menjadi program studi yang unggul menyelenggarakan pendidikan Bahasa Inggris untuk memajukan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) dan meningkatkan iman dan taqwa terhadap Allah SWT. (IMTAQ) guna menghasilkan lulusan yang bermoral, beretos kerja tinggi, cakap dan terampil sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.


 

Misi

 

a.   Menyelenggarakan pendidikan bidang studi Bahasa Inggris yang berkualitas dan profesional dengan kemampuan dan kepribadian yang dapat memenuhi tuntutan masyarakat.

 

b.   Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta penerapannya di masyarakat yang berdasarkan tanggung jawab sosial yang tinggi dengan memperhatikan kepentingan bangsa dan negara.

 

c.   Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga lain baik di dalam maupun luar universitas guna mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

d.   Menjadikan program studi Bahasa Inggris sebagai pusat informasi dalam bidang pengembangan pendidikan Bahasa Inggris serta kewirausahaan yang berbasis pada keterampilan berbahasa Inggris


 

 

Kompetensi

 

Kompetensi utama Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah menjadi guru bidang studi Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan dan ketrampilan berbahasa Inggris lisan dan tulis yang baik dan benar, dan memenuhi kompetensi pedagogis, kepribadian, professional dan sosial.
 

 

Selain itu lulusan juga memiliki kemampuan dan ketrampilan melakukan penelitian dalam kelas (Classroom Action Research) dan kegiatan ilmiah lainnya sebagai pengembangan diri dan profesi serta memiliki kemampuan dan ketrampilan berwirausaha dan berkompetisi dalam masyarakat madani.
 

Sebagai kompetensi pendukung jurusan ini juga menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian sebagai wirausahawan di bidang Bahasa Inggris seperti, penerjemah, guru Bahasa Inggris untuk anak, pemandu wisatawan asing dan staf ahli di perusahaan asing.

Shared:

PENGUMUMAN

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

19 April 2018

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

12 April 2018

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

16 Maret 2018

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

06 Maret 2018

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

19 Desember 2017

dasdas

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

11 Desember 2017