Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Malang

FKIP Raih Juara Kajur, Dosen dan Mahasiswa Berprestasi

Author : Administrator | Jum'at, 07 Mei 2010 13:55 WIB

Tak banyak instansi yang masih melaksanakan upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), apalagi di instansi swasta. Namun tak demikian di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Meski bertepatan hari Minggu, sekitar 900 warga Kampus Putih yang terdiri dari fungsionaris mahasiswa, karyawan dan dosen, tetap mengikuti upacara Hardiknas di helipad UMM, (2/5). Rektor Dr. Muhadjir Effendy, MAP, bertindak sebagai inspektur upacara.

“Ini adalah hari kita. Artinya, Hardiknas merupakan hari istimewa bagi kita yang bekerja, mengabdi dan mewakafkan diri untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui dunia pendidikan,” kata Muhadjir sambil memuji dedikasi pegawai dan mahasiswa yang dengan sukarela mengikuti acara tersebut.

Lebih lanjut, rektor mengajak agar momentum Hardiknas dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan. Hal ini terkait dengan hikmah perjuangan para pahlawan bangsa yang telah mendahului kita dalam membangun dunia pendidikan.

“Peran Muhammadiyah dalam pendidikan sudah dimulai jauh hari sebelum negara mengatur soal pendidikan. Sebagai bagian dari Muhammadiyah, peran dosen dan karyawan UMM juga merupakan pengabdian untuk bangsa Indonesia dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa ini,” tambah rektor. UMM sendiri tahun ini mengambil tema yang dijadikan motto ‘UMM, dari Muhammadiyah untuk Bangsa’. Dengan motto itu Muhadjir berharap setiap kader yang dihasilkan oleh UMM memiliki konstribusi besar untuk pembangunan bangsa dan negara.

Usai memberi amanat, rektor menyerahkan penghargaan kepada dosen, ketua jurusan, karyawan dan mahasiswa berprestasi. Mereka adalah orang terpilih yang telah diseleksi oleh tim. Dosen dan Ketua Jurusan diseleksi oleh Badan Kendali Mutu Akademik (BKMA), karyawan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), sedangkan mahasiswa oleh tim Biro Kemahasiswaan UMM. Mereka yang terbaik, dikirim untuk mengikti seleksi tingkat Kopertis dan nasional.

Kepada para berprestasi terbaik itu, UMM memberikan hadiah. Selain sertifikat dan piala, mereka juga memperoleh dana pembinaan. Untuk mahasiswa diberikan dana pembinaan, sedangkan dosen, ketua jurusan dan karyawan selain dana juga kesempatan studi banding. “Ini merupakan momentum untuk memberi reward bagi yang sudah melakukan kinerja terbaiknya di UMM,” kata Pembantu Rektor II, Drs. Mursidi, MM.

Predikat Dosen Berprestasi I, diraih oleh Dr. Sugiarti (FKIP), II Ir. Nursubhi, MT (FT), dan III Dr. Ir. Damat (FPP). Ketua Jurusan terbaik I Dra. Sri Wahyuni, M. Kes (Biologi/ FKIP), Salis Yuniardi, S.Psi, M. Psi (Psikologi) dan Dra. Frida Kusumastuti, M.Si (Komunikasi/ FISIP). Karyawan Berbrestasi I diraih Miseri, SH (Bagian Umum), Ir. Ikip Laily K (BAA) dan Drs. Isro’in (BAU).

UMM juga memberi penghargaan khusus kepada karyawan yang telah mengabdi paling lama dengan kinerja yang baik. Kepadanya diberikan predikat Karyawan Istiqomah. Predikat ini diberikan kepada Wahyu Subagyo dan Daiman, mereka telah bekerja di UMM masing-masing selama 31 dan 24 tahun.

Sementara itu, peraih Mahasiswa Berprestasi I adalah Dyah Ayu Shinta R (FK), II Ifan Prasetya Yuda (Biologi-FKIP), III Lailatul Rifah (B. Inggris-FKIP), dan IV Lamiati (Perikanan). Perhargaan juga akan diberikan kepada mahasiswa UMM yang baru saja meraih kemenangan di tingkat Kopertis untuk kompetisi Matematika. Mereka adalah Evie Soviati (juara I) dan Dedy Yulianto (harapan III). (nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image