FKIP-UMM LEPAS 364 LULUSAN, Gek Bali Raih WISUDAWAN TERBAIK

Jum'at, 24 Agustus 2018 13:11 WIB

FKIP-UMM Lepas 364 Lulusan, Gek Bali Raih Wisudawan Terbaik

Rabu, 23 Agustus 2018, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP-UMM) melepas 364 mahasiswa. Mereka berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) sesuai bidang masing-masing.

Sebagai  bagian prosesi Yudisium yang memasuki periode III 2018 ini, Dekan FKIP  UMM,  Dr. Poncojari Wahyono,  M.Kes, memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik. Kali ini yang memperoleh penghargaan adalah Unzila Magfirawati dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Gek, panggilan khas orang Bali untuk perempuan muda (mbak, dalam bahasa Jawa), memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,98. Ia pun berhasil lulus setelah mampu mempertahankan skripsinya di hadapan dewan penguji,  berjudul "The Use of Collaborative Strategic Reading on Students' Reading Comprehension".

Putri pasangan Bapak Safwan Usman dan Ibu Nur Fahmiwati, yang lahir di Klungkung Bali 21 tahun lalu tersebut, mampu menamatkan studi hanya selama 3,5 tahun.

"Saya sangat bangga, doa dan perjuangan selama ini membawa hasil maksimal. Yang tidak kalah penting adalah dukungan tiada henti dari kedua orang tua saya. Tentu tidak lupa, saya tidak akan memperoleh kesuksesan ini tanpa bimbingan dari dosen-dosen yang sangat luar biasa. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan menjadikan ilmu beliau-beliau terus bermanfaat", ujar penghobby membaca dan menonton film itu.

Pesan Dekan

Secara khusus, Dekan FKIP UMM Dr Poncojari Wahyono MKes memberikan amanah kepada seluruh lulusan/calon wisudawan-wisudawati, sebagai bekal terjun ke dunia kerja.

Dekan menekankan bahwa manusia harus bersyukur karena memiliki Nikmat hidup dan  Nikmat kemerdekaan.  Manusia memiliki kebebasab untuk berpikir, beraktivitas dan lain-lain. Nikmat-nikmat itu harus benar-benar dinikmati dan dilaksanakan sebaiknya, secara bertanggung jawab.

Rumus IKUT

Untuk menjadi orang sukses, Dekan FKIP UMM mengamanatkan bahwa lulusan dapat mengaplikasikan rumus IKUT dalam hidup mereka.

Pertama, Iman. Harus dipastikan lulusan memiliki keimanan yg kokoh, sebagai ciri khas alumni FKIP-UMm. Iman mendorong kita untuk selalu lapang dada, tidak Stres,  dan akhirnya sukses.

Kedua,  Kemampuan berpikir dan berlandaskan nilai-nilai ilmiah. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan. Berpikir positif juga berpengaruh berpengaruh pada kata-kaya, sikap, dan perilaku. Tentunya hal ini harus terua diasah.

Ketiga, Usaha/Ikhtiar. Hal ini menggambarkan etos kerja tinggi, kerja keras, dan kerja cerdas. Lulusan juga harus memiliki networking atu Link luas secara nasional dan bahkan internasional.

Keempat,  Tawakkal yng diiringi keikhlasan. Kita harus selau berserah diri kepada-Nya. Dengan ini, kita pun akan selalu sehat dan selalu bahagia. (Humas/Hus)

Shared: