Monev Day FKIP UMM

Rabu, 19 September 2018 12:13 WIB

Hari Jumat dan Sabtu 14-15 September 2018 di FKIP UMM dilaksanakan kegiatan MONEV berbagai program. Tercatat dir. GTK hadir di FKIP untuk memonev PPG prajabatan, sementara itu FKIP sendiri juga melakukan monev program PDS dan Blockgrand untuk penelitian, pengabdian dan PDTLN. Praktis dua hari ini hampir semua dosen disibukkan oleh monitoring dan evaluasi terhadap implementasi program yang menjadi tanggung jawabnya.

Pada hakekatnya monev PDD ini dimaksudkan untuk melihat sejauhmana target program dapat tercapai dan kendala apa yang dihadapinya. Monev juga ingin melihat upaya eksekutor program dalam mengatasi kendala yang dihadapinya.

Khusus untuk monev PDS, monev kali ini dalam kategori monev internal. Monevin ini sangat penting untuk menyiapkan kedatangan pemonev eksternal dari direkturat Belmawa Kemristek Dikti. Aspek yang dimonev meliputi proses implementasi program PDS sampai dengan pencapaian produk produk PDS nya. Ada tiga produk utama dari PDS yang ditargetkan, pertama adalah dokumen perangkat pembelajaran, kedua jurnal refleksi pembelajaran dan ketiga vidio pembelajaran.

Semua produk target tersebut sangat diharapkan membawa good practice yang mengalir sebagai inovasi dari FKIP kepada sekolah mitra. Aliran inovasi ini merupakan upaya mewujudkan KEMITRAAN SEJATI sehingga gotong royong antara PT dengan SD, SMP dan SMA untuk meningkatkan kualitas pendidikan ini mampu mewujudkan generasi emas tahun 2045.

Banyak best practice terbentuk dari program PDS yang terungkap melalui monevin ini. Diantaranya adalah inovasi media SANGKAR madu yang mampu menjumpingkan (scafolding) Zona of Proximate Development (ZPD) siswa kelas menengah achievement di SMAN1 Malang.

Di SMPN3 Batu mendapatkan inovasi pembelajaran yang mampu mengembangkan otak kanan dan otak kiri secara seimbang dan itulah enjoyfull and meaningfull learning. Di SMAN7 berhasil mengintegrasikan model UKBM yang berbasis pada kemandirian dengan pembelajaran kolaboratif, sehingga tidak hanya kemampuan individual saja namun juga kemampuan sosial dan gotong royong.

Masih banyak temuan PDS yang patut diabadikan sebagai good practice dan menginspirasi sekolah sehingga PDS ini layak disebut sebagai pengaliran energi inovasi pembelajaran dari FKIP UMM ke sekolah mitra sebagai perwujudan dari KEMITRAAN SEJATI.

Khususnya Produk Vidio pembelajaran ini selanjutnya akan di lombakan dalam ajang FESTIVAL VIDIO PEMBELAJARAN yang Insya Alloh dihelat bulan Oktober sekaligus untuk closing program PDS.

Wallohua'lam bishowshowab

Shared: