Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Malang

PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN DI FKIP

Author : Administrator | Jum'at, 14 Maret 2014 17:01 WIB




Oleh: Nurwidodo

(Pembantu Dekan III FKIP UMM)

 

 

PENDAHULUAN

Mahasiswa merupakan asset Fakultas yang penting. Tugas bidang kemahasiswaan dimulai dari upaya meningkatkan kualitas calon mahasiswa baru melalui program PMB. Kemudian melakukan pembinaan kemahasiswaan sehingga memberikan kontribusi yang nyata pada kelangsungan kegiatan akademik dan kegiatan non akademik serta memberikan citra yang positif terhadap FKIP dalam bentuk prestasi bidang kemahasiswaan. Disamping itu juga menyiapkan calon lulusan yang berkualitas dan merekrut kembali alumni dari berbagai angkatan untuk tetap menjalin kemitraan melalui ikatan alumni FKIP. Penyiapan calon lulusan ini dilakukan melalui pembekalan dengan memanfaatkan alumni yang telah sukses sebagai nara sumbernya.

Konsentrasi kegiatan bidang kemahsiwaan sebagian besar tertumpu pada pembinaan kemahasiswaan. Dengan mengintensifkan pembinaan kemahasiswaan, besar kemungkinan dapat menghasilkan lulusan berkuaitas dan alumni yang berkomitmen terhadap pengembangan alma maternya (output). Bahkan, pembinaan mahasiswa yang berkualitas akan berdampak pula pada peningkatan animo calon mahasiswa baru (input). PMB FKIP akan banyak terbantu oleh hasil pembinaan yang berupa prestasi mahasiswa.

Usaha pembinaan mahasiswa untuk mendekati visi, misi dan tujuan pendidikan di FKIP tidaklah cukup melalui disiplin-disiplin akademik dalam arti perkuliahan semata, tetapi masih diperlukan pendidikan dan pembinaan yang terarah dan terpadu melalui kegiatan di luar perkuliahan. Ini berarti bahwa pembinaan mahasiswa itu di samping dilakukan dengan kuliah-kuliah resmi harus pula dilakukan di luar jam-jam kuliah, baik melalui lembaga-lembaga kemahasiswaan maupun melalui program-program tersendiri dari pimpinan fakultas dengan memanfaatkan event di tingkat universitas.

Berdasarkan Pola Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa FKIP, mekanisme pelaksanaan pembinaan dan pengembangan ditetapkan melalui dua jalur, yaitu:

1.     Jalur lembaga kemahasiswaan dan

2.     Jalur yang langsung dari pimpinan Universitas (c/q Pembantu Rektor III) dan atau pimpinan Fakultas (c/q Pembantu Dekan III) melalui pembinaan minat, bakat, keIslaman dan ke Muhammadiyahan, penalaran dan kewirausahaan.

Penanganan pembinaan dan pengembangan pada kedua jalur tersebut dilakukan dengan menggunakan konsep kemitraan yang terarah dan terpadu. Dalam pembinaan mahasiswa ini Bidang III bekerjasama dengan seluruh civitas akademika FKIP UMM, Orang Tua Mahasiswa, alumni serta lembaga terkait di FKIP UMM. Arah pembinaan kemahasiswaan di FKIP menganut azas pencegahan terhadap pelanggaran disiplin dan promosi terhadap prestasi mahasiswa sebagaimana motto pembinaan mahasiswa yaitu tiada hari tanpa prestasi, tiada prestasi yang tidak dihargai dan tiada pelanggaran yang tak diberi sanksi. Sesunggunya motto pembinaan ini disarikan dari ajaran Islam yaitu Amar Ma’ruf, Nahi Munkar.

 

GARIS BESAR PROGRAM KEMAHASISWAAN FKIP

1. Promosi Mahasiswa Baru (PMB)

Mahasiswa baru adalah input proses akademik maupun non akademik di FKIP. Ada tidaknya proses pendidikan dan bagimana kualitas proses pendidikan di FKIP itu tercipta sangat dipengaruhi oleh ke-adaan dan kualitas input. Kedudukannya sangat penting dan menentukan keberlangsungan FKIP. Upaya merekrut calon mahasiswa baru adalah sangat vital dan perlu dikelola secara strategis. Upaya ini ditempuh dengan meningkatkan daya tarik fakultas sehingga animo camaba untuk melanjutkan studi di FKIP menjadi meningkat. Peningkatan daya tarik setiap program studi yang berada di lingkungan FKIP juga tidak dapat ditinggalkan, misalnya dengan meningkatkan status akreditasi prodi.

Peningkatan daya tarik FKIP dan program studi di bawah koordinasinya dapat ditempuh melalui dua jalur, yaitu internal dan eksternal. Jalur internal dengan meningkatkan status akreditasi, kualitas layanan akademik dan non akademik bagi mahasiswa. Sedangkan jalur eksternal dapat dilakukan dengan promosi langsung (direct promotion) kepada calon mahasiswa baru, yaitu lulusan SMA diseluruh wilayah Indonesia. Untuk melaksanakan tugas ini Fakultas membentuk Tim PMB yang terdiri dari perwakilan program studi dan bertugas mengambil langkah-langkah strategis untuk merencanakan, melaksanakan dan melaporkan hasil promosi mahasiswa baru.

 

2. Pelatihan Kepemimpinan dan Upgrading Pengurus Lembaga Intra

Pelatihan kepemimpinan dan upgrading pengurus lembaga intra dikelola secara terpusat di tingkat Universitas. Peran Pembina kemahasiswaan di tingkat fakultas adalah mengkoordinasikan pengurus lembaga intra fakultas agar berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan kepemimpinan. Untuk kepengurusan lembaga intra fakultas periode 2011-2012 ini bapak Dekan merencanakan diadakan pelatihan kepemimpinan secara mandiri di fakultas.

 

3. Penalaran

Pengembangan Penalaran dimaksudkan untuk memberikan kompetensi keilmuan pada mahasiswa, baik disipliner dan interdisipliner, yang dilakukan melalui kegiatan PKM, diskusi/seminar/lokakarya, penelitian individual dan mencangkokkan kompetensi meneliti pada penelitian dosen disetiap program studi., penulisan ilmiah dan populer, serta keikutsertaan pada event-event seperti olimpiade IPA dan matematika, LMCR, english debate, lomba karya tulis ilmiah tingkat daerah, dll. Untuk menggiatkan program penalaran, dibentuk Satuan Tugas yang terdiri dari beberapa dosen dari berbagai disiplin ilmu.

PKM adalah progam kreativitas mahasiswa yang terdiri dari program penelitian (PKMP), pengabdian masyarakat (PKMM), program kewirausahaan mahasiswa (PKMK), program penerapan teknologi (PKMT), program penulisan artikel ilmiah (PKMAI) dan program gagasan tertulis (PKMGT). Program ini merupakan program yang dikompetisikan secara nasional oleh DIKTI dan merupakan modalitas untuk dapat berkiprah di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Partisipasi mahasiswa dalam PKM merupakan kebanggaan tersendiri bagi UMM karena PKM dan PIMNAS menjadi tolok ukur kualitas pembinaan kemahasiswaan. Mahasiswa FKIP sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari PKM dan PIMNAS.

 

4. Bakat dan Minat

Pengembangan minat dan bakat dilakukan melalui pembentukan kompetisi Bakat Minat (KBM) di bidang olahraga dan seni di  tingkat jurusan (Kajur Cup) dan di tingkat Fakultas (Dekan Cup). Pembinaan prestasi selanjutnya dilaksanakan melalui keikutsertaan dalam event Rektor Cup. KBM seni terdiri dari Vocal Group FKIP, Teater (Kata Mati), Monolog dan Puisi. Sedangkan KBM olahraga terdiri dari Basket, Volly, Sepak Bola, Bela Diri (Karate, Taekwondo, Tapak Suci, Setia Hati Teratai).

 

5. Kesejahteraan

Layanan mahasiswa mencakup bidang keuangan, kesehatan, dan pemondokan. Layanan di bidang keuangan berupa pemberian beasiswa, dispensasi (penundaan) pembayaran uang kuliah, bantuan terprogram bagi mahasiswa berprestasi (olahraga, seni dan penalaran). Layanan kesehatan berupa pemeliharaan kesehatan, baik pemeriksaan dokter, rawat tingkat pertama dan rawat inap. Layanan pemondokan meliputi penyediaan tempat pemondokan bagi mahasiswa.

 

6. Kewirausahaan

Program kewirausahaan mahasiswa disusun dengan rasional sebagai berikut :

a. Penting karena 30-40% lulusan PT langsung menjadi pengangguran kentara

b. Perlu disiapkan menjadi lulusan yang siap kerja, memenangkan peluang kerja

c. Perlu stimulasi kewirausahaan agar lulusan mampu berwirausaha

d. Wiramahasiswa dirintis dari PKMK

 

7. Pemantauan Pelayanan Mahasiswa

Pembina kemahasiswaan menugaskan SEFA dan LSO DIdaktik untuk melakukan survey kepada mahasiswa terhadap kualitas pelayanan administrasi maupun akademik ditingkat prodi dan fakultas. Survey ini dilakukan dalam rangka membantu menegakkan quality assurance pelayanan kemahasiswaan dan jika hasilnya menggembirakan akan dijadikan masukan penting untuk alat promosi mahasiswa baru. Survey kualitas pelayanan mahasiswa ini dilaksanakan setiap akhir semester. Hasil survey pada semester genap tahun 2010/2011 menunjukkan bahwa kualitas layanan administrasi dan akademik di FKIP berada dalam kategori “BAIK”.

 

8. Peningkatan Kualitas Calon Alumni

Peningkatan kualitas calon alumni ditempuh melalui : a. Pemantauan mahasiswa bermasalah dalam bidang akademik dan upaya mengatasinya, b. Peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen, dan c. Pembekalan calon alumni untuk menapaki dunia kerja.

Hasil pemantauan mahasiswa dengan IPK < 2,0 menunjukkan bahwa terdapat (7 s/d 12) % mahasiswa FKIP memiliki IPK < 2.0 dan tersebar di semua prodi. PD 3 telah memanggil beberapa mahasiswa ber IPK rendah untuk didiagnosis permasalahan yang dihadapinya serta mencarikan solusi alternatifnya. Sedangkan untuk peningkatan partisipasi mahasiswa dalam penelitian dosen dimaksudkan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman penelitian dan menyelesaikan skripsi dengan memanfaatkan sebagian dari area problem penelitian yang dikembangkan oleh dosen. Paling tidak melalui kebijakan penelitian BlokGrand Fakultas, maka setiap penelitian yang disetujui diwajibkan untuk menyertakan mahasiswa sebagai tim penelitian, bukan sekedar sebagai pembantu. Pembekalan calon alumni dengan mempersiapkan ke dunia kerja dilaksanakan bersama dengan kegiatan yudisium fakultas. Pembekalan calon alumni ini dengan menghadirkan alumni yang telah sukses untuk menanamkan jiwa semangat berusaha (spirit entepreneurship) dalam berbagtai bidang. Dengan contoh konkrit alumni FKIP sendiri, maka diharapkan akan memberikan dampak positif bagi calon lulusan dalam menembus pasar kerja atau menciptakan lapangan pekerjaan.

 

9. Penggalangan Alumni

Penggalangan alumni dimaksudkan untuk meningkatkan relasi alumni dengan FKIP sebagai almamaternya. Pertemuan alumni dilaksanakan per program studi maupun dalam tingkatan fakultas. Fakultas juga telah mengeluarkan SK pengurus alumni dari semua program studi di wilayah tapal kuda Jawa Timur sebagai magnet untuk memperluas vibrant effect pertemuan akbar alumni FKIP yang telah dilaksanakan pada tahun 2008 di aula BAU dan 2009 di Dome UMM. Hubungan prodi dengan alumni disarankan juga lebih ekstensif dengan menggunakan sarana web alumni yang telah dibangun disetiap prodi. Kedepan, diharapkan partisipasi alumni baik secara akademik maupun non akademik ke almamater dapat ditingkatkan dan memberikan sumbangan yang signifikan bagi upaya meningkatkan status akreditasi setiap program studi.

 

10. Publikasi Web

Publikasi melalui WEB di FKIP telah dikembangkan sejak tahun 2010 dengan maksud memperkuat posisi UMM dalam kategori webometric. Posisi UMM dalam webometric pada bulan Agustus 2011 berada di posisi 8 PTN/PTS se Indonesia. Sebelumnya berada di urutan 35 PTN/PTS di Indonesia. Hal ini tentu merupakan kerja bersama semua tim web UMM, termasuk tim web FKIP.

 

11. Penjejangan Prestasi Mawa

Untuk mencapai prestasi mahasiswa yang maksimal, diperlukan arah kemana dan sampai tingkatan apa target prestasi mahasiswa akan dicapai. Bidang kemahasiswaan telah mengidentifikasi strata pembinaan dan target yang diinginkan. Dimulai dari penggalian potensi mahasiswa baru yang akan menghasilkan peta (mapping potensi) mahasiswa baru baik secara horizontal maupun vertical melalui event pesmaba fakultas. Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan melalui studentday. Setelah pendampingan selama satu semester (semester I), maka tahapan berikutnya adalah kompetisi, mulai dari level local (kajur cup, dekan cup, rector cup) sampai dengan level regional (Propinsi, Kopertis VII), Nasional dan Internasional sebagaimana yang tercantum dalam table berikut ini.

NO

JENJANG EVENT

MACAM EVENT

PRODUK ATAU

REPUTASI MAWA FKIP

1

Penggalian Potensi

Pesmaba

Mapping Potensi Maba

2

Pendampingan Potensi

Student Day

Advokasi Potensi Maba

3

Jurusan

Kajur Cup

Competition Level Jurusan/Prodi

4

Fakultas

Dekan Cup

Competitin Level Fakultas

5

Universitas

Rektor Cup

Competition : Juara Umum 3 x berturut-turut

6

Regional (Kopertis)

Mawapres

Competition : Mawapres 2005 s/d 2009

Debat Bahasa Inggris

Competition : Juara III Kopertis

LKTM Daerah

Competition : Juara II LKTM daerah

Olimpiade IPA

Competition : Juara II

PEKSIMIDA

Competition : Jara II Monolog dan Puisi

Putri Pariwisata

Competition : Mewakili Jatim ke Nasional

7

Nasional

PKM

Competition : Peraih dana terbanyak

Technopreneurship IPB

Copetition : Masuk 1 utusan

PIMNAS

Competition : Medali Emas 2006

Competition : Medali Perak 2009

Competition : Medali Perunggu 2010 dan Kontingen PIMNAS terbanyak

Competition : Satu utusan tanpa medali

LMCR

Competition : Juara I 2009, Juara I 2010

Microteaching Contest

Competition : Juara II 2009

PEKSIMINAL

-

8

Internasional

Duta Budaya Bangsa

Competition : 2011 ke Singapura

 

 

TIM PENDAMPING MAWA FKIP

Dalam melaksanakan program kerja pembinaan kemahasiswaan dibentuk tim pendamping yang terdiri dari kajur/sekjur dan perwakilan dosen di setiap program studi. Tim Pendamping mahasiswa bertugas memberikan motivasi dan mengawal kegiatan kemahasiswaan. Susunan tim pendamping adalah sebagai berikut :

1. Husamah, SPd. (WEB, PENALARAN)

2. Rina Wahyu S, MEd. (PMB, PENALARAN)

3. Dyah Woro, SPd, MPd. (KEWIRAUSAHAAN dan PMB)

4. Purwati, SPd, MPd. (LEMBAGA INTRA, BAKAT MINAT)

5. Erna Yayuk, SPd. (LEMBAGA INTRA DAN ALUMNI)

6. Rohmad Widodo, MSi. (PEMANTAUAN LAYANAN MHS)

DOWNLOAD VERSI PDF

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image