BERITA

AGENDA

PENGUMUMAN

BEASISWA

Prodi Pend. Bhs. Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

 

Pengantar

Perubahan global  serta kemajuan IPTEK khususnya teknologi informasi berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan. Pendidikan diharapkan dapat mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi. Oleh karena itu, dalam bidang pendidikan pemerintah melakukan perubahan kurikulum. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 232/U/2000 dan nomor 045/U/2002  dalam menetapkan kurikulum perguruan tinggi berbasis kompetensi.

 

Kurikulum pada hakikatnya adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum sekarang ini lebih diarahkan pada KBK yang memberi peluang kepada perguruan tinggi, khususnya program studi,  untuk menentukan kebijakan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran secara terbuka dan fleksibel. Dalam hal ini, program studi diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan yang mampu mengembangkan kompetensi peserta didik dengan mengakomodasi keinginan masyarakat, industri, dan pemerintah sesuai tuntutan zaman.

 

Berkaitan dengan adanya perubahan kurikulum tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang bertanggung jawab untuk melaksanakannya. Hal ini ditunjukkan dengan melakukan pembenahan di berbagai aspek, mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan, yang meliputi: (a) diskusi dengan para pakar bidang kurikulum, (b) restrukturisasi kurikulum: (1) menetapkan visi, misi, dan kompetensi program studi;  (2) restrukturisasi status matakuliah; (3) menyusun deskripsi matakuliah.

 

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan ilmu pendidikan bahasa, sastra Indonesia serta pengajarannya, dan menghasilkan lulusan yang profesional serta peka terhadap persoalan yang terjadi di masyarakat berdasarkan wawasan keilmuan dan keislaman.

 

Misi

Berdasarkan visi di atas, maka misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut.

a.  Menyelenggarakan pendidikan di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya berlandaskan wawasan keilmuan dan keislaman.

b.  Menciptakan iklim akademis melalui kegiatan-kegiatan ilmiah di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya berlandaskan wawasan keislaman.

c.  Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya berlandaskan wawasan keilmuan dan keislaman.

d.  Menjalin kerjasama dengan lembaga yang terkait guna menunjang pencapaian kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian berlandaskan wawasan keislaman.

 

Kompetensi

Kompetensi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan kecakapan hidup dan belajar sepanjang hayat yang dibakukan dan harus dicapai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar, yang terdiri atas kompetensi utama, dan kompetensi pendukung.

 

Kompetensi utama program studi adalah pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya, maupun seni pertunjukan berdasarkan wawasan keislaman. Kompetensi utama tersebut meliputi kelompok matakuliah: Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), dan Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), dengan kompetensi sebagai berikut.

a.  Kelompok MPK: Peningkatan keimanan, ketaqwaan, dan kemuhammadiyahan, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan.

b.  Kelompok MKK: Pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pengajarannya.

c.  Kelompok MKB: Pengembangan daya cipta kritis dan rasa tanggung jawab dalam praktik-praktik kebahasaan, kesastraan, serta pengajarannya.

Kompetensi pendukung program studi adalah pengetahuan, sikap, dan keterampilan penunjang profesi keguruan. Kompetensi pendukung tersebut meliputi kelompok Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB Khusus) dan Matakuliah Berkehidupan Bersama (MBB). Kompetensi tersebut mencakup kelompok-kelompok matakuliah berikut:

a.  Kelompok MKB Khusus : Mengembangkan keterampilan dan etos kerja di bidang jurnalistik dan seni peran.

b.   Kelompok MBB :          Pemerolehan pengalaman praktis sesuai dengan kebutuhan profesi dalam masyarakat.

 

Secara keseluruhan yang akan dicapai oleh lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mencakup kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian dalam bidang pendidikan bahasa indonesia, sastra dan pengajarannya serta kompetensi pendukung di bidang jurnalistik.

Shared:

PENGUMUMAN

dasdas

Pengumuman Yudisium Periode II Tahun 2018

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

19 April 2018

dasdas

Hasil Pelaksanaan Ujian Tulis Nasional (UTN) Ulang di PSG Rayon 144 Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2018

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

12 April 2018

dasdas

Pengambilan Transkrip Akademik Wisuda Periode I tahun 2018

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

16 Maret 2018

dasdas

Pengumuman Seleksi PPG Prajabatan Bersubsidi 2018

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

06 Maret 2018

dasdas

REUNI AKBAR FKIP UMM 2017

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

19 Desember 2017

dasdas

Edaran Pengambilan Kalender 2018

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

11 Desember 2017