Prodi Pend. Biologi

Program Studi Pendidikan Biologi   Pengantar Program Studi Pendidikan biologi sebagai institusi akademik selalu berpikir dinamis untuk merespons perubahan yang banyak terjadi baik di masyarakat ilmiah maupun masyarakat luas. Terkait dengan isue ...

Detail
about

Prodi Pend. Biologi

Program Studi Pendidikan Biologi


 

Pengantar

Program Studi Pendidikan biologi sebagai institusi akademik selalu berpikir dinamis untuk merespons perubahan yang banyak terjadi baik di masyarakat ilmiah maupun masyarakat luas. Terkait dengan isue terbaru mengenai guru, dosen dan sertifikasi, Program Studi melakukan reorientasi kurikulum supaya dapat menjamin pembentukan kompetensi keguruan para mahasiswanya. Pengembangan kompetensi pedagogik dilaksanakan melalui matakuliah kependidikan, pengembangan kompetensi profesional dilaksanan melalui kelompok matakuliah keilmuan, ketrampilan, keahlian dan perilaku berkarya, pengembangan kompetensi kepribadian dikembangkan melalui kelompok matakuliah pengembangan kepribadian, pengembangan kompetensi sosial dilaksanakan melalui kelompok matakuliah berkehidupan bersama. Riviu kurikulum secara perioodik sudah menjadi kebiasaan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar

Kegiatan monitoring dan perbaikan-perbaikan terhadap kurikulum yang sedang berjalan senantiasa dilakukan untuk merespons perkembangan ilmu dan teknologi, sehingga akan mampu meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa, dengan itu diharapkan mahasiswa memiliki daya adaptasi yang tinggi dalam kehidupan di masyarakat kelak.

 

Untuk mencapai kompetensi yang ditentukan tersebut, Program Studi Pendidikan Biologi menata kurikulum kedalam beberapa kelompok mata kuliah yang secara umum terbagi kedalam kelompok bidang Pendidikan, bidang Biologi dan Bidang Pilihan Keahlian.  Kelompok Mata Kuliah Pilihan terbagi kedalam kelompok Biologi Lingkungan, Biologi Kesehatan, Bioteknologi dan Biologi Pangan dan Gizi.



Visi

Menjadi program studi terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan biologi yang mampu bersaing di tingkat lokal dan nasional dengan keunggulan dalam bidang IPTEK serta keimanan dan ketaqwaan dalam menegakkan wacana keilmuan dan keIslaman.

 


Misi

a.  Menyelenggarakan program pendidikan di bidang IPTEK pendidikan dan biologi, keIslaman dan kemuhammadiyahan yang berkualitas.

b.  Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu pendidikan, IPTEK Biologi, keislaman dan kemuhammadiyahan

c. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berlandaskan tanggungjawab sosial yang besar dengan perhatian penuh kepada kepentingan bangsa dan keberpihakan pada kaum dhu’afa.

d.  Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan untuk mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan dan biologi.

 


Kompetensi

Kompetensi Program Studi Pendidikan Biologi – FKIP UMM adalah: “Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang Islami, Pendidik Profesional, menguasai dan menerapkan IPTEK Biologi”.

 

  Untuk mencapai kompetensi tersebut, maka mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi akan dibekali berbagai keilmuan baik teori maupun praktek sehingga lulusannya kelak dapat:

a. Menjadi pengajar dan pendidik khususnya di bidang biologi secara profesional;

b. Menjadi ilmuwan yang memahami dan menerapkan riset dan pengembangan IPTEK; dan

c.  Memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan dengan menerapkan dan mengembangkan ilmu biologi.

Shared: