Prodi Pend. Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika   Pengantar Diakui atau tidak, lembaga pendidikan tak terkecuali pendidikan yang lebih tinggi lebih banyak bersifat sebagai pencetak tenaga terampil dibanding tenaga ahli. Oleh karenanya setiap berdirinya lemb...

Detail
about

Prodi Pend. Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

 

Pengantar

Diakui atau tidak, lembaga pendidikan tak terkecuali pendidikan yang lebih tinggi lebih banyak bersifat sebagai pencetak tenaga terampil dibanding tenaga ahli. Oleh karenanya setiap berdirinya lembaga pendidikan baru, kurikulum yang dikembangkan dalam suatu lembaga pendidikan tertentu, dan lain sebagainya diorientasikan pada pemenuhan kebutuhan yang bersifat jangka pendek.

Perkembangan jaman begitu cepat terkadang sulit untuk diikuti oleh suatu lembaga pendidikan, dan pada akhirnya lembaga tersebut hilang ditelan jaman. Agar tidak ketinggalan jaman atau bahkan gulung tikar akibat globalisasi, maka harus ada upaya-upaya antisipatif, aktif dan tidak reaktif. Langkah-langkah antisipasi sudah dimulai tahun 1988 di program studi ini. Salah satu bentuk konkretnya adalah merancang kurikulum yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan jaman ke depan. Oleh karena jaman yang rentan terhadap perubahan-perubahan misalnya; pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, pemberlakuan otonomi daerah, dan lain sebagainya maka perangkat pendidikan tidak bisa tidak harus selalu dievaluasi, termasuk didalamnya adalah kurikulum.

 

 

 

Program studi yang berdiri pada tahun 1983 ini berusaha memberikan pengetahuan intelektual dan ketrampilan plus yang dapat dijadikan bekal agar mereka mampu dan unggul dalam bersaing di masyarakat era global. Pengetahuan dan ketrampilan seperti bahasa inggris, komputer, internet dan sebagainya selain sangat mendukung  bagi guru sebagai profesi yang profesional, juga membantu kesuksesan mereka dalam berwira-usaha. Pengetahuan dan ketrampilan seperti di atas dikemas dalam satu paket yaitu kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika dan Komputasi.

 

 
Visi

 

 Menjadikan Program Studi Pendidikan Matematika sebagai lembaga yang terkemuka dan unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di bidang Matematika, Pendidikan Matematika, yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dalam upaya menegakkan wacana keilmuan dan keislaman.


Misi

 

Sebagai lembaga akademik di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, program studi Matematika mengemban misi sebagai berikut:

a.  Menyelenggarakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam profesi kependidikan matematika serta menjamin kualitas lulusan yang mampu mengikuti perkembangan maupun mengembangkan ilmu pendidikan matematika.

b.  Melaksanakan pelayanan administrasi sehingga mahasiswa merasa nyaman dan puas serta mendorong mereka untuk menyelesaikan studi sesuai dengan yang telah diprogramkan.

c.  Berperan aktif di tingkat regional, nasional dan internasional sebagai lembaga pendidikan dan riset yang inovatif bagi penemuan IPTEKS dan pengembangan Ilmu Pendidikan.

d. Melayani kebutuhan setiap warga negara, melalui program Pendidikan yang dirancang untuk mendidik calon-calon sarjana pendidikan Matematika yang mempunyai kemampuan akademik profesional di bidangnya dan mampu berkompetisi secara regional, nasional maupun global.

Kompetensi

a.  Memahami dan Menguasai Pendidikan Matematika

b.  Memahami dan Menguasai  Matematika Murni dan Terapan

c.  Memahami dan Menguasai Komputasi

Shared: