Akhirnya, Ujian Tengah Semester FKIP UMM Kembali Luring

Sabtu, 21 Mei 2022 11:20 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Mahasiswa FKIP Mengikuti UTS Luring

Malang—Setelah dua tahun, Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Genap 2021/2022 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang kembali digelar luring penuh. Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Wakil Rektor I bidang Akademik dan Al Islam Kemuhammadiyahan No E.6.a/321.BAA.AIK/UMM/IVG/2022.

Drs. Jarum, M.Ed., ketua panitia UTS mengatakan, UTS yang digelar selama lima hari, yakni Selasa (17/05) hingga Sabtu (21/05) ini berjalan lancar dan tertib. UTS yang digelar dengan protokol kesehatan ketat ini terdiri dari dua skema, yakni ujian tulis terjadwal dan ujian mandiri. Ujian mandiri diberlakukan untuk mata kuliah berbasis praktikum, seperti Microteaching, Speaking, dan kewirausahaan. “Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan tertib,” tuturnya.

Padahal, ia mengaku sempat hawatir tentang pemenuhan pengumpulan soal oleh dosen dan kehadiran mahasiswa dalam UTS. Juga, kehadiran dosen sebagai pengawas UTS melihat padatnya kegiatan dosen. UTS ini memang mengikuti serangkaian tahapan. Dosen mengirimkan soal UTS kepada panitia untuk diverifikasi oleh tim penjaminan mutu soal. Harapannya, soal yang disusun harus sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).

“Sudah memenuhi kriteria soal HOTs (Higher Order Thinking Skills), persebaran tingkat kesulitan soal, dan ranah penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor atau belum. Itu juga menjadi hal yang diverifikasi tim penjaminan mutu,” terang Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris itu. 

Setelah diferivikasi, soal yang mendapat catatan perbaikan akan direvisi oleh dosen sebelum digandakan oleh panitia.

“Saya melihat semua punya komitmen yang tinggi, sehingga kehawatiran saya tentang keterlambatan pengumpulan soal, kehadiran mahasiswa, maupun kehadiran pengawas, itu tidak terjadi,” tandasnya saat ditemui di ruang panitia UTS.

Keberhasilan UTS ini tak lepas dari dukungan pimpinan fakultas. Sebelum pelaksanaan UTS, pimpinan fakultas menggelar pertemuan dengan seluruh dosen dan karyawan, Jumat (13/05). Dalam pertemuan itu, dekanat mengimbau seluruh dosen untuk terlibat dalam pelaksanaan UTS.

“Kelancaran UTS ini juga tidak bisa tercapai tanpa partisipasi Bapak/Ibu sekalian. Oleh karena itulah, kami berharap Ibu/Bapak sekalian dapat terlibat dalam pelaksanakan UTS ini,” ungkap Dekan FKIP, Dr. Trisakti Handayani, M.M.

Di sisi lain, ada yang menarik dalam pelaksanaan UTS kali ini. Suasana UTS sangat meriah dengan adanya dua wahana yang juga mendadak viral beberapa hari lalu, yakni flying fox dan perahu karet di danau UMM. Hal ini dikarenakan kegiatan UTS bersamaan dengan UKMFest yang digelar oleh Bagian Minat dan Bakat UMM. Menurut Kepala Bagian Minat dan Bakat Frendy Aru Fantiro, M.Pd., selain untuk memeriahkan hadirnya kembali para mahasiswa UMM di kampus, UKMFest ini juga bertujuan untuk mengenalkan berbagai kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa selama kuliah.

“Saya ingin dengan adanya UKMFest ini mahasiswa bisa didorong untuk tidak hanya fokus belajar. Tetapi juga mengembangkan potensi dan hobinya di sederet UKM yang sudah disiapkan oleh UMM. Apalagi ada banyak UKM baru yang selalu dihadirkan seperti Biru Flying Club yang menjadi satu-satunya UKM di Indonesia yang fokus dalam dunia dirgantara,” pungkasnya.

Keceriaan Mahasiswa FKIP Menikmati Wahana Perahu Karet Selepas Mengikuti UTS

 

Para mahasiswa sangat antusias dengan kegiatan ini. Tak sedikit mahasiswa yang melepas penat setelah UTS dengan menikmati kedua wahana yang disediakan oleh UKM DIMPA tersebut. (*fid)

Shared: