Aplikasi LAAMMARI, Solusi Layanan Administrasi dan Akademik di Masa Pandemi Ala Prodi Pendidikan Matematika

Kamis, 16 Juli 2020 16:31 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Seremonial Launching Aplikasi LAAMMARI

Malang—Pandemi Covid-19 masih terus bergulir dan menjadi hambatan keberlangsungan berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali aktivitas administrasi dan akademik di perguruan tinggi. Pasalnya, sebagian besar mahasiswa harus kembali ke kampung halaman, sehingga akses terhadap berbagai keperluan administrasi tidak dapat dilakukan secara langsung. Aturan protokol kesehatan yang ketat juga membuat mahasiswa yang masih berada di Malang tak mendapat pengecualian dalam menghadapi masalah ini. Menjawab tantangan tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMM me-launching Aplikasi LAAMMARI (Layanan Administrasi dan Akademik Mahasiswa Matematika Mandiri), Kamis (16/07/20). Acara digelar di kantor Program Studi Pendidikan Matematika diikuti oleh seluruh dosen Prodi, pengembang aplikasi, dan juga perwakilan alumni, serta disiarkan secara live melalui akun instagram @math_umm.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Dr. Mohammad Mahfud Effendy, M.M menyatakan, aplikasi ini dikembangkan dalam rangka meningkatkan efektivitas layanan kepada mahasiswa.

“Aplikasi LAAMMARI adalah sebuah cita-cita sejak lama dalam rangka meningkatkan efektivitas layanan kepada mahasiswa. Aplikasi ini dapat membantu mahasiswa dalam berkuliah mulai dari jadwal kuliah, jadwal bimbingan, hal-hal lain yang berhubungan dengan kebutuhan mahasiswa. Dengan demikian, harapannya, tidak lagi kita jumpai mahasiswa yang menunggu lama di depan kantor Prodi untuk mengurus kebutuhan administrasi dan akademik,” terang Mahfud.

Aplikasi LAAMMARI dapat diakses melalui komputer Anjungan Informasi Mandiri (AIM) yang terletak di depan kantor Prodi dan melalui aplikasi android pada gawai masing-masing. Untuk mendapatkan user dan password, pengguna hanya perlu melakukan pendaftaran melalui google form. Setelah itu, mereka sudah dapat mengakses aplikasi yang memiliki tiga menu utama yakni mahasiswa, dosen, dan kelas. Sejalan dengan namanya, menu mahasiswa ditujukan untuk mahasiswa. Di dalamnya terdapat enam submenu yang berkaitan dengan kebutuhan mahasiswa yakni submenu dosen yang berisi informasi data dosen dan kehadiran dosen di jurusan secara real time; submenu skrisi yang digunakan untuk mendaftar skripsi dan informasi kehadiran dosen di kampus; submenu surat untuk mengurus administrasi persuratan seperti surat izin observasi, surat magang, dan semacamnya; submenu mahasiswa yang berisi informasi data mahasiswa; submenu kontak person prodi yang menghubungkan mahasiswa dengan TU Prodi; submenu jadwal kuliah; submenu jadwal seminar proposal; dan submenu pertanyaan serta kritik dan saran.

Tak jauh berbeda, menu dosen ditujukan untuk dosen. Pada menu ini, terdapat dua submenu yakni bimbingan skripsi yang berisi informasi mahasiswa bimbingan skripsi beserta ruang komunikasi pembimbingan skripsi dan submenu kelas  yang berisi jadwal perkuliahan dan informasi mahasiswa yang mengikuti kelas tersebut. Adapun menu kelas bersifat general, berisi jadwal perkuliahan dan kelas-kelas yang tersedia dalam bentuk matriks.  

Aplikasi ini mendapatkan respon positif dari para mahasiswa. Pasalnya, dengan adanya aplikasi ini, ia bisa tetap mengurus kebutuhan administrasi tanpa melanggar protokol kesehatan.

“Adanya LAMMARI ini memudahkan saya sebagai mahasiswa dalam mengurus keperluan administrasi kuliah seperti surat keterangan aktif sebagai mahasiswa, surat penelitian, dan yang lainnya. Kebetulan ini kondisinya sedang pandemi, jadi ini bisa mengikuti protokol kesehatan untuk mengurangi tatap muka ,” tutur Hanuf Bella Irawati, mahasiswa yang sedang mengakses LAAMMARI untuk mengurus surat keterangan aktif kuliah. (*fid)

Shared: