Cerita Amelia Salsabilla Anatasya Menangkan Ajang Putri Nusantara Jawa Timur 2023

Kamis, 11 Januari 2024 04:42 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih kemenangan gemilang dalam ajang Putri Nusantara Jawa Timur Tahun 2023. Amelia Salsabilla Anatasya, berhasil menunjukkan kemampuannya dalam ajang yang bertujuan untuk mencari perwakilan Jawa Timur yang memiliki potensi dan kualitas sebagai duta daerah. Melalui kompetisi ini, para peserta dituntut untuk menampilkan segala bakat dan potensi yang dimiliki dalam berbagai tahap seleksi yang ketat.

Karena itu, Amelia mengaku sempat pesimis bisa menang. Apalagi jadwal;Ia hanya berniat untuk memperkaya pengalaman pada bidang yang ia senangi. Namun, ia tetap menyiapkan berbagai bekal seperti public speaking, beauty class, personal development, dan wawasan umum secara maksimal. “Keterampilan public speaking khususnya, banyak saya dapatkan selama perkuliahan dan kegiatan-kegiatan di kampus sangat membantu dalam kompetisi ini,” kata Amelia.

Itulah yang membuatnya tampil secara percaya diri dan meyakinkan dalam berbagai sesi wawancara dan diskusi selama ajang berlangsung. Sehingga, ia berhasil mempengaruhi para juri serta penonton lainnya. Meskipun demikian, menurutnya, kunci yang mengantarkannya pada kemenangan adalah konsistensi dan niat dalam mempelajari serta mengembangkan ide baru untuk projek yang ditawarkan.

Keberhasilan Amelia ini bukan tanpa kendala. Ia mengaku sering kali mengalami bentrok antara jadwal kuliah dengan kegiatan yang ada dalam ajang Putri Nusantara Jawa Timur. Namun, hal tersebut tidak menjadikan sebuah alasan bagi Amalia untuk terus maju dan optimis. “Saya berusaha untuk memanage waktu dengan baik dan berkomunikasi dengan dosen. Saya sangat bersyukur bahwa dosen-dosen mendukung langkah saya,” ungkapnya.

Sekarang Amelia disibukkan dengan kegiatan mengemban tugas seperti melakukan kegiatan sosial di masyarakat dan menjadi juri di beberapa ajang duta di Jawa Timur. Selain itu Amelia juga menekuni organisasi yang ada di dalam kampus seperti himpunan Mahasiswa progam studi dan juga organisasi eksternal lainnya. Rencana Amelia selanjutnya setelah memenangkan ajang Putri Nusantara Jawa Timur yaitu merealisasikan progam kerja dan melakukan kegiatan sosial yang telah ia tawarkan selama menjabat sebagai Putri Nusantara Jawa Timur.

Diharapkan, dengan adanya prestasi ini, Fakultas Ilmu Pendidikan UMM semakin dikenal secara nasional dan internasional sebagai salah satu fakultas terbaik di bidang pendidikan. UMM sebagai kampus yang terus berinovasi dan berkembang, akan terus memberikan dukungan dan kesempatan kepada mahasiswanya untuk meraih berbagai prestasi dalam berbagai bidang, termasuk ajang-ajang bergengsi seperti ini. (*sny/fd)

Shared: