Dosen UMM Gelar Pelatihan Edupreneur Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi

Minggu, 28 Maret 2021 17:53 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pelatihan Edupreneur Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi Bersama Guru SD/MI Muhammadiyah Kabupaten Malang di SD Muhammadiyah 08 Dau.

 

MALANG - Kewirausahaan tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang berkiprah dalam bidang ekonomi saja. Inilah yang disampaikan oleh dosen PGSD FKIP UMM, Innany Mukhlisina, M.Pd., selaku ketua pengabdian dalam acara pengabdian yang bertajuk “Pelatihan Edupreneur Berbasis Penguatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi bagi Guru SD/MI Muhammadiyah Kabupaten Malang”.  Menurutnya, kewirausahaan dapat dilakukan oleh semua orang termasuk bagi mereka yang bekecimpung di bidang pendidikan.

Murtyas Galuh Danawati, S.Pd., M.Pd, dosen PGSD FKIP UMM yang mendampingi juga turut memberikan pengenalan cara memadukan nilai PPK dan literasi dengan bisnis kewirausahaan dalam acara pelatihan. Menurut penjelasannya unsur nilai PPK yang terdiri atas 5 (lima) nilai karakter yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas dapat dipadukan dengan literasi dalam suatu kewirausahaan.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula SD Muhammadiyah 08 Dau pada Jum’at, 26 Maret 2021 ini dihadiri oleh 8 guru perwakilan dari 4 sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Malang yakni SD Muhammadiyah 3 Tumpang, SD Muhammadiyah 6 Lawang, SD Muhammadiyah 8 Dau, dan MI Muhammadiyah 6 Tajinan. Pemateri seminar pelatihan ini terdiri atas dosen PGSD FKIP UMM yakni Innany Mukhlishina, M.Pd dan Murtyas Galuh Danawati, S.Pd., M.Pd. Ketua PDM Kabupaten Malang, Dr. Mursidi, M.M juga turut memberikan sambutan dalam pengabdian tersebut.

“Pelatihan ini tidak hanya memberikan keuntungan finansial pada sekolah namun juga dapat turut berkontribusi pada proses penguatan pendidikan karakter dan budaya literasi pada siswa khususnya”, kata Dr. Mursidi, M.M dalam acara sambutan.

Pelatihan ini terdiri atas rangkaian acara utama. Acara pertama adalah penyampaian materi edupreneur berbasis penguatan pendidikan karakter dan literasi oleh Innany Mukhlishina, M.Pd dan Murtyas Galuh Danawati, S.Pd., M.Pd.. Adapun acara kedua adalah penyampaian materi dan praktek mendesain pola berbasis Penguatan Pendidikan Karakter dan literasi menggunakan aplikasi Corel Draw X7 oleh Imam Turmudi, S.T., M.Pd.

“Corel Draw X7 dipilih sebagai aplikasi dalam pelatihan edupreneur ini karena pengoperasiannya yang lebih mudah dan praktis,” kata Imam Turmudi, S.T., M.Pd. dalam acara praktek pelatihan desain literasi tipografi.

Para peserta pelatihan akan diberikan pendampingan berupa teori dan praktek selama kegiatan berlangsung. Melalui acara pelatihan edupreneur berbasis PPK dan literasi bagi guru SD/MI Muhammadiyah di Kabupaten Malang ini diharapkan dapat memberikan bekal kewirausahaan kepada setiap sekolah sehingga dapat mengembangkan implementasi PPK dan literasi lebih baik di masa depan. (*in/fid)

Shared: