Fajar Mukti, Sosok di Balik Web Series Malangan “Tonggo Dewe”

Kamis, 16 Juli 2020 09:36 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malang—Tak hanya piawai di atas panggung stand-up comedy hingga menangkan kompetisi Stand-up Comedy Online Raditya Dika, Fajar Mukti ternyata juga piawai dalam hal penulisan naskah. Ya, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP UMM itu ternyata adalah salah satu sosok dibalik Webseries bernuansa Malangan “Tonggo Dewe” yang berada di bawah naungan FLP Entertainmen. Webseries yang sudah berada di Episode 8 ini bukan Webseies ecek-ecek lho. Para pemerannya adalah para artis ternama ibukota yakni Eza Gionino, Rio Indrawan, dan Ivan Ray.

Project ini berawal dari keingin FLP Entertainment untuk tetap produktif di masa pandemic dengan membuat webseries Malangan bergenre komedi. Lantaran tidak menemukan penulis Jakarta yang cocok, ia pun mencari penulis yang memang orang Malang agar komedinya benar-benar orisinil dan sampai pada para penonton.

 “Saya di sana sebagai penulis skrip saja, tidak ikut produksi. Awalnya FLP Entertainment, Mas Rio Indrawan, di musim corona ini ingin membuat webseries. Mereka inginnya bertema Malangan. Terus mereka mencari penulis Jakarta, ternyata tidak cocok. Kemudian mereka mencari penulis yang asal Malang,” tuturnya saat dimintai keterangan.

Ya, keterlibatannya dalam penulisan naskah Web Series ini memang buah dari keaktifannya dalam Manajemen Salah Satu Tawa, sebuah manajemen komika professional. Manajemen Satu Tawa dikontak secara langsung oleh FLP Entertaintment untuk menggarap naskah webseries ini.

“Akhirnya Mas Rio menghubungi Mas Boby salah satu teman saya di manajemen Salah Satu Tawa.  Itu manajemen komika professional. Mas Boby kemudian membuat departemen kepenulisan yang terdiri dari tiga orang, Boby Darwin, Fajar Mukti (saya) dan Bahak,” tambah Fajar.

Dunia tulis-menulis naskah memang bukan hal baru bagi mahasiswa semester 8 ini. Pada 2016, ia menggarap beberapa naskah webseries “Canda di Antara Kita”.Dan saat ini, selain “Tonggo Dewe”, ia juga menggarap webseries Stand-up Indo Malang “Ayas Umak Utas”. Karya lainnya yang secara konsisten diproduksinya adalah konten “Husnudzon” dan series “Demi Kowe” yang bisa dinikmati di akun instagramnya @fajarmuk. Bravo, Fajar! (*/fid)

Shared: