FKIP UMM Gelar Seminar Hasil Block Grand Penelitian dan Pengabdian

Minggu, 03 Maret 2024 12:16 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

FKIP NewsFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Malang gelar Seminar Hasil Block Grant Tahun 2023, Kamis hingga Sabtu (29 Februari 2024—2 Maret 2024). Kegiatan ini merupakan wujud komitmen FKIP UMM dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan keilmuan dan masyarakat.

Ditemui pasca kegiatan seminar, koordinator Block Grant FKIP UMM, Siti Khoirulli Ummah, M.Pd., mengatakan secara keseluruhan, kegiatan berlangsung sangat lancar. Seluruh dosen di lingkungan FKIP, termasuk yang sedang studi, mengajukan proposal penelitian sekaligus pengabdian kepada masyarakat secara berkelompok. Total, sebanyak 49 penelitian dan 43 kegiatan pengabdian kepada masyarakat berhasil dilaksanakan dan dipresentasikan dalam kegiatan ini.

Program Blockgrant 2023 diawali dari penyusunan proposal melalui simppm.umm.ac.id kemudian dipresentasikan melalui kegiatan seminar proposal yang didampingi oleh reviewer. Satu tim didampingi oleh 2 reviewer dengan sesi presentasi dan tanya-jawab. Setelah proposal disetujui, pencairan dana tahap 1 diinformasikan untuk kemudian diambil secara tunai di admin fakultas. “Setelah berjalan 6-7 bulan, dilaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kemajuan pelaksanaan program secara daring dengan didampingi 2 reviewer. Tahap akhir yaitu seminar hasil yang dilaksanakan secara luring,” kata dosen Prodi Pendidikan Matematika tersebut.

Lebih lanjut, Ully, sapaan akrabnya menuturkan, hal yang diapresiasi dari kegiatan block grant 2023 yaitu adanya 100% keterlibatan dosen di lingkungan FKIP dengan persentase capaian luaran submit dan publish artikel pada jurnal lebih dari 80%. “Yang menarik lagi, terdapat konsep Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pengabdian di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), dan internasional yang diwajibkan di setiap program studi,” ungkapnya.

Setelah kegiatan seminar ini, reviewer akan dipilih penelitian dan pengabdian terbaik. Penentuan pemenang didasarkan pada kualitas dan banyaknya luaran yang dihasilkan oleh setiap program dan setiap tim. Luaran dapat meliputi modul, publikasi media massa, HKI, artikel pada jurnal, dan keterlibatan PMM pada program pengabdian kepada masyarakat.

Pada tahun 2024 ini, tambah Ully, blockgrant FKIP UMM akan diarahkan pada peningkatan persentase prospek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk skema PMB, AUM dan internasional. “Selain itu, luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ditingkatkan dari kategori submit menjadi publish,” tutupnya.(*fd)

Shared: