Inovasi Kurikulum Antarkan Prodi Pendidikan Matematika Raih Akreditasi Unggul

Kamis, 19 Mei 2022 01:29 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Malang—Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang berhasil menyandang predikat “Unggul”. Predikat ini merupakan level tertinggi akreditasi yang diberikan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Lewat Surat Keputusan No 2288/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/IV/2021, Prodi Pendidikan Matematika resmi menyandang predikat Unggul sejak 12 April 2022  hingga 20 Maret 2023.

Dekan FKIP UMM, Trisakti Handayani mengatakan, ini adalah bukti komitmen FKIP UMM dalam menjalankan pendidikan tinggi yang berkualitas. “Kami sadar bahwa tanggung jawab yang kami pikul sangat besar karena ini menyangkut masa depan generasi bangsa. Dan ini adalah bukti bahwa kami berkomitmen tinggi dalam menjalankan pendidikan tinggi yang berkualitas,” pungkasnya. Ia menambahkan, capaian ini tak lepas dari dukungan unit-unit terkait seperti pimpinan universitas, Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI), pendamping Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dan tentu saja tim task force prodi.

Tak hanya memenuhi standar, predikat unggul diperoleh lantaran inovasi-inovasi yang dimiliki Prodi Pendidikan Matematika. Salah satunya dalam kurikulum. Dalam keterangannya, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika  mengatakan, penyusunan kurikulum melibatkan stakeholder sehingga sajian mata kuliah sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia kerja. Lulusannya pun tidak hanya diproyeksikan menjadi guru. “Mahasiswa bisa mengambil peminatan komputasi,” terang Adi Slamet Kusumawardhana.

Inovasi bidang kurikulum yang juga menjadi kekuatan Prodi yaitu Program Karya Ilmiah Setara Skripsi (KISS). Dalam program ini, artikel ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional dan karya ilmiah yang memenangkan perlombaan tingkat nasional maupun internasional dapat dikonversi menjadi skripsi. Alhasil, sudah banyak mahasiswa Pendidikan Matematika yang bisa lulus tepat waktu, bahkan lebih cepat, lewat program ini. “Sekitar 70% mahasiswa telah mengambil Program KISS ini karena dirasa sangat membantu dalam penyelesaian studi,” tambah Adi.  

Adi sangat bersyukur akhirnya predikat ini berhasil diraih. Pasalnya, pengajuan ISK Prodi Matematika pada bulan September 2021 sempat ditangguhkan lantaran belum terpenuhinya SDM dengan jabatan akademik lektor kepala. “Alhamdulillah bulan November SK lektor kepala untuk 4 dosen kami sudah turun. Kami segera memperbaiki dokumen dan mengajukan kembali pada bulan Desember,” terangnya.   

Meski telah meraih akreditasi unggul, Prodi Pendidikan Matematika terus berbenah. Dalam waktu dekat, Prodi telah mengagendakan kegiatan revitalisasi kurikulum yang mengakomodasi kelas unggulan (Center of Exellence) Prodi dan berbagai kegiatan MBKM. Saat ini, Prodi Matematika tengah menyiapkan Kelas Unggulan “Media dan Animasi Pendidikan Digital”. Dalam program ini, mahasiswa akan dibekali keterampilan dan pengalaman untuk menjadi ahli media meliputi desain, pembuatan, sampai pada pemasaran. “Untuk jangka panjangnya, tentu kami menargetkan akreditasi internasional ASIIN. Kami akan mulai dari sisi penjaminan mutu,” pungkasnya.

Melalui capaian akreditasi terbaik ini, harapannya, Prodi Matematika menghasilkan lulusan unggul yang sejalan dengan Program UMM Pasti: Pastu Lulus, Pasti Kerja. (*fid)

Shared: