Kolaborasi, PGSD UNNES dan UMM Gelar Smeinar Nasional Aktualisasi Visi Kecemerlangan Pendidikan

Rabu, 26 Juli 2023 01:33 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Malang – Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang lakukan kunjungan ke Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang, Rabu (12/07/23). Menariknya, kunjungan ini dikemas dalam rangkaian acara seminar nasional dengan tema "Aktualisasi Visi Kecemerlangan Pendidikan: To Invest People, Prioritize Education".

Bertempat di Aula BAU Kampus Universitas Muhammadiyah Malang, Wakil Dekan III FKIP UMM Bayu Hendro Wicaksono, S.Pd., M.Ed hadir untuk membuka seminar nasional secara resmi. Hadir pula Ketua Program Studi PGSD UNNES Dra. Isa Ansori M.Pd dan Ketua Program Studi PGSD UMM Bustanol Arifin, M.Pd beserta jajaran.

Seminar ini menghadirkan pembicara – pembicara yang kompeten dan bergelut di bidang Pendidikan. Pembicara pertama ialah Dra. Noening Andrijati M.Pd yang merupakan dosen dari PGSD UNNES dan pembicara kedua diisi oleh Erna Yayuk M.Pd merupakan dosen dari PGSD UMM. Dalam pemaparannya kedua narasumber menyampaikan materi seminar nasional dari berbagai aspek yang berbeda dimulai dari solusi dari Pendidikan dasar hingga  asesmen pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka. Antusiame audiens sangat baik dibuktikan dengan banyak mahasiswa yang aktif bertanya mengenai materi yang sedang dibahas.

Farkhan Nur, Selaku salah satu panitia dari PGSD UNNES mengatakan bahwa acara seminar nasional ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian acara  PGSD UNNES. Mahasiswa Prodi PGSD 2021 itu mengatakan bahwa PGSD UMM memiliki daya tarik tersendiri dari segi mekanisme pembelajaran yang diimplementasikan sehingga melahirkan ide untuk melangsungkan acara disini. Seminar nasional ini diikuti oleh 270 mahasiswa PGSD UNNES. 

Ahamd Rijal salah satu panitia menambahkan bahwa kegiatan ini penting untuk dilakukan karena di tengah kemajuan teknologi saat ini, sudah sepantasnya mahasiswa PGSD saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman.

“Lewat kegiatan ini semoga membuat mahasiswa bisa saling berkomunikasi berinteraksi secara positif.  Dari sudut pandang saya juga mahasiswa PGSD UMM sebagai tuan rumah dapat bekerja sama dengan baik sat set lalu teroganisir  Saya sendiri sangat semangat ya berpatisipasi dalam kegiatan ini karena perdana menjadi panitia untuk menyukseskan acara ini jadinya senang rasanya jika melihat rangkaian acara hari ini berjalan dengan lancar," katanya.

Ke depan, PGSD UMM dan PGSD UNNES akan terus bersinergi untuk melaksanakan kegiatan lain yang berkontribusi terhadap pengembangan kulitas mahasiswa pada khususnya, dan kualitas pendidikan pada umumnya melalui kegiatan tri darma.

Shared: