Komitmen Tingkatkan Tata Kelola dan Mutu Prodi, Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMM Sambut Kunjungan Benchmarking Pendidikan Bahasa Indonesia UAD

Kamis, 03 Agustus 2023 01:46 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malang – Kamis, 27 Juli Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima kunjungan dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Kunjungan tersebut dalam rangka berbagi penalaman dan tips menulis artikel illmiah dari Prodi PBI FKIP UMM. Kegiatan juga dihadiri langsung oleh Wakil Dekan I FKIP, Dr. Sugiarti, M.Si.

Dalam sambutannya, Wadek I FKIP Ibu Dr. Sugiarti, M.Si., menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan yang dillakukan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Arif Setiawan, M.Pd., Kaprodi PBI FKIP UMM dan juga pengelola jurnal KEMBARA menceritakan banyak hal terkait pengalamannya dalam menulis artikel ilmiah hingga terbit di jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional. “Bapak dan Ibu sekalian sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf kalau ada beberapa hal yang kurang berkenan bagi Bapak/Ibu. Ini kita buat sharing saja, lebih santai agar diskusinya lebih nyaman,” bukanya.

“Saya rasa Bapak/Ibu juga banyak sekali pengalamannya dalam menulis artikel ilmiah bahkan sampai terpublikasi di jurnal nasional maupun internasional. Kalua saya pribadi lebih senang mebuat kriteria-kriteria dengan mempertimbangkan kondisi yang lagi tren, kemudian menghubungkan dengan keilmuan saya dengan catatan bahwa ide tersebut masih belum banyak yang meneliti,” jelasnya.

Sementara itu, Eggy Fajar Anadalas, S.S., M.Hum., selaku dosen yang juga menjadi pengelola jurnal juga menceritakan pengalamannya selama menulis artikel ilmiah. Pak Eggy, sapaan akrabnya mengatakan bahwa dirinya senang menulis artikel ilmiah yang kemudian diterbitkan di jurnal-jurnal internasional. “Saya punya pengalaman yang menurut saya cukup menarik. Saya pernah membuat sebuah artikel ilmiah yang menurut saya dari segi kualitas dan keterbaruan sudah lumayan oke. Tetapi ketika saya kirim ke jurnal nasional terakreditasi itu lama banget responya sampai saya beberapa kali menguhubungi pihak jurnalnya. Sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk memberikan surat permohonan pencabutan, dan saya olah kembali artikelnya  dengan  menerjemahkan ke bahasa Inggris. Setelah itu saya kirim ke jurnal internasional, dan alhamdulillahnya tidak selang beberapa lama sudah ada respon yang cukup positif hingga akhirnya artikel ilmiah saya terbit di jurnal tersebut,” terangnya.

Roni Sulistiyono, S.Pd., M.Pd., selaku Kaprodi PBSI UAD mengaku senang denga adanya kegiatan tersebut, bahkan ia banyak berterima kasih kepada Prodi PBI karena sudah memberikan ruang diskusi yang sangat bermanfaat.

“Dengan adanya sharing ini saya berharap nantinya Bapak/Ibu dari prodi PBSI UAD bisa banyak belajar dari pengalaman Bapak/Ibu dosen yang ada di Prodi PBI UMM. Ke depan, harapanya Prodi PBI juga sekali-sekali main ke UAD agar sharing ini bisa berkelanjutan dan nanti juga ada kerja sama yang terjalin antara Prodi PBI UMM dan PBSI UAD,” tutupnya.

Shared: