Kuliah Tamu, Prodi Matematika Bahas Beda Perangkat Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 00:09 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang telah mengadakan acara Kuliah Tamu III. Acara yang bertemakan "Beda Perangkat Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka" ini diselenggarakan secara hybrid, mengundang peserta dari My Dormy Hostel UMM.

Pemateri untuk acara kuliah tamu III kali ini adalah Ibu Farida Ulfa Nurhidayati, S.Si., M.Pd, yang merupakan guru matematika profesional dan Wakil Kepala Kurikulum di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Beliau sangat menguasai Implementasi Kurikulum Merdeka, yang saat ini diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Dengan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka menjadi perhatian para pendidik dan mahasiswa dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran matematika.

Kehadiran Ibu Farida sebagai pemateri menjadi daya tarik bagi mahasiswa, karena materi yang disampaikan dapat menjadi bekal penting bagi mereka dalam menjalani kegiatan Praktik Lapangan Pendidikan (PLP) II dan tugas-tugas mata kuliah pendidikan di masa depan. Dengan topik "Bedah Perangkat Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka", mahasiswa berharap dapat mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru.

Sebelum dimulainya acara, peserta offline yang hadir memberikan registrasi sedangkan peserta online mempersiapkan kondisi jaringan internet dan perangkat yang diperlukan. Setelah pembukaan acara dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Sang Surya, Ketua Pelaksana Kuliah Tamu III, Siti Khoiruli Ummah, M.Pd memberikan sambutan kepada seluruh peserta. Peserta online melalui aplikasi Zoom dan offline diberikan Worksheet sebagai tugas untuk memeriksa pemahaman mereka terhadap materi.

Worksheet tersebut berisi Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran umum dan khusus, Indikator Capaian Pembelajaran, Fase, Elemen, Materi Pokok, dan desain pembelajaran, yang akan menjadi fokus dalam sesi kuliah tamu. Selama acara, Ibu Farida memberikan penjelasan mengenai perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, mulai dari istilah yang digunakan, peraturan pemerintah yang mendukungnya, jenis perangkat pembelajaran yang disarankan, hingga model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan.

Para peserta juga mendapatkan salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kurikulum Merdeka, untuk membantu mereka dalam mengadopsi Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan. Mereka diminta untuk mengembangkan tujuan pembelajaran dan indikator capaian pembelajaran yang relevan sesuai dengan kurikulum baru tersebut. Acara Kuliah Tamu III ini tidak hanya melibatkan mahasiswa, namun juga dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, HMPS Matriks, dalam mendukung kelancaran acara hingga pembuatan sertifikat bagi peserta.

Dengan materi yang mendalam dan interaktif, acara Kuliah Tamu III ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan baru bagi para mahasiswa. Pembahasan mengenai perangkat pembelajaran matematika dalam Kurikulum Merdeka menjadi sangat penting untuk dipahami dan diterapkan dalam dunia pendidikan. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh peserta, serta menjadi langkah awal dalam mempersiapkan generasi pendidik yang siap menghadapi perubahan kurikulum dan tuntutan zaman.

Acara kuliah tamu ini mendapat sambutan yang positif dari para mahasiswa Prodi Matematika. Mereka menyatakan bahwa acara ini memberikan wawasan dan pemahaman yang baru mengenai perbedaan perangkat pembelajaran matematika antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Mereka juga mengapresiasi kehadiran para pembicara yang ahli di bidang pendidikan matematika.

Dengan demikian, acara kuliah tamu III Prodi Matematika dengan tema "Beda Perangkat Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka" dapat dianggap sebagai sukses. Acara ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi mahasiswa mengenai perbedaan perangkat pembelajaran matematika antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Diharapkan acara seperti ini dapat terus diadakan di masa mendatang untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran di Prodi Matematika.

Shared: