Lewat Student Day, Maba Didorong Optimalkan Potensi dan Ukir Prestasi

Sabtu, 22 Mei 2021 02:32 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Peserta Pembukaan Student Day Khidmad Mengikuti Acara

Malang--Setelah dua bulan dihelat secara terpusat di tingkat universitas, kegiatan Student Day kini bergeser di tingkat fakultas. Kegiatan pembukaan Student Day Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang pun digelar secara virtual, Sabtu (22/05/2021). Adapun kegiatan akan dilaksanakan setiap hari Sabtu selama lima minggu ke depan.

Student Day merupakan bentuk komitmen UMM dalam menumbuhkan mentalitas mahasiswa yang tangguh dalam segala lini, baik intelektualitas maupun pengembangan karier sesuai bakat, minat, dan kegemaran.  

Wakil Dekan III FKIP, Drs. Rohmad Widodo menjelaskan, kegiatan Student Day di tingkat fakultas yang diberi nama Fakultaria memiliki beberapa tujuan. ”Student Day di tingkat fakultas ini bertujuan sebagai pembinaan minat, bakat, dan kegemaran untuk memberikan wadah sekaligus bentuk apresiasi bagi mahasiswa baru untuk berprestasi,” kata Rohmad.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan sikap akademis, kreatif, inovatif dilandasi dengan kesadaran moral tinggi. Serta, mengeksplorasi potensi mahasiswa baru yang memiliki berbagai macam prestasi di bidang kurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler, melalui kegiatan yang terencana dan terukur.

“Yang tidak kalah penting adalah mengembangkan sikap pantang menyerah untuk selalu berkreasi dan berinovasi tiada henti dan menanamkan karakter untuk bersemangat berprestasi meski di tengah Pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, tema yang kita usung ialah Masa Pandemi Terus Berprestasi,” tambahnya.

Foto: Wakil Dekan III FKIP, Drs. Rohmad Widodo, memberi sambutan dan membuka acara secara resmi

Dalam kesempatan ini, Candra Rahma Wijaya Putra, S.S., M.A. selaku ketua pelaksana menerangkan, ada sepuluh bakat minat yang disediakan untuk para mahasiswa baru FKIP UMM angkatan 2020 ini. Sepuluh bidang bakat minat itu meliputi tari, MC, teater, menyanyi, tilawah, bulutangkis, basket, footsal, dan bela diri. “Ada juga PKM yang sudah menjadi tradisi prestasi di FKIP UMM,” papar dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia itu.

Masih menurut Candra, meski digelar secara virtual karena masih dalam suasana pandemi, mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan materi secara teoretis saja. Mahasiswa akan tetap ada sesi praktik sebagai luaran kegiatan.

“Masing-masing kegiatan memiliki luaran sehingga kegiatan ini benar-benar tidak hanya menambah ilmu, tetapi juga membuat mahasiswa memiliki keterampilan,” tambahnya.

Setelah seremonial pembukaan, peserta Student Day FKIP masuk ke ruang Zoom Meeting sesuai bidang bakat dan minat yang telah dipilihnya. Mereka mendapatkan informasi teknis pelaksanaan kegiatan yang akan ditutup pada 25 Juni mendatang dari BEM FKIP. (*fid)

Shared: