Mahasiswa Prodi PBI FKIP UMM Borong Medali dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Seni dan Olah Raga UAD Tahun 2023

Minggu, 03 September 2023 11:00 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

MALANG – Mahasiswa Prodi Pendikan Bahasa Indonesia FKIP UMM sukses borong medali dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Seni dan Olah Raga (KOMNAS SENIOR) Tahun 2023 yang diselenggarakan secara daring oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Prodi PBI FKIP UMM mengirimkan delegasinya untuk mengikuti di lima cabang/kategori lomba yakni baca cerpen putri, baca cerpen putra, musikalisasi puisi, menyanyi tunggal pop putri, dan menyanyi tunggal pop putra.

Dari lima kategori/cabang lomba yang diikuti, mahasiswa Prodi FKIP UMM sukses borong 5 medali di antaranya, satu medali perak dan satu medali perunggu pada cabang baca cerpen putri atas nama Sebtiana Dwi Saputri dan Mutiara Perwita Sari, satu medali perunggu pada cabang lomba musikalisasi puisi atas nama Miftahul Huda, M. Naufal Fadhila, Mutiara Perwita Sari, Vivin Dwi Oktavia, dan Windy Hamidha. Kemudian, satu medali perunggu pada cabang lomba menyanyi tunggal pop putra atas nama Dimas Abby Syalas Saputra, dan satu medali juara harapan satu pada tangkai lomba baca cerpen putra atas nama Dimas Abby Syalas Saputra.

Candra Rahma Wijaya Putra, S.S., S.Pd., M.A., Sekretaris Prodi sekaligus dosen pendamping dalam KOMNAS SENIOR Tahun 2023 mengaku senang dengan raihan tersebut. “Palam kompetisi ini kita mengikuti sekitar lima tangkai lomba, dan Alhamdulillah kita mendapat juara di empat kategori lomba sekaligus. Harapanya, hasil ini dapat menambah ilmu maupun pengalaman yang nantinya bisa bermanfaat baik secara pribadi maupun masyarakat luas. Satu hal yang perlu digarisbawahi dan menjadi poin penting adalah Prodi PBI FKIP UMM senantiasa memberikan ruang seluas-luasnya untuk mahasiswa mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya. Dan sesuai tag line kami, tidak ada prestasi yang tidak dihargai,” jelasnya.

Mutiara Perwita Sari, salah satu mahasiswa PBI FKIP UMM sukses raih peringkat tiga kategori baca cerpen putri dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Seni dan Olah Raga (KOMNAS SENIOR) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2023.

Mahasiswa angkatan tahun 2020 tersebut mengatakan bahwa meskipun lomba yang diikuti merupakan lomba individu namun dalam proses pengerjaan dilakukan secara tim.

“Dalam mengikuti kompetisi ini waktunya sangat singkat sekali. Saya hanya memiliki tiga hari untuk menyiapkan semua, baik secara teknis maupun kemampuan saya sendiri. Oleh karena itu saya berterima kasih kepada teman-teman yang sudah membantu, jadi saya bisa lebih fokus melatih vokal agar artikulasi lebih jelas dan latihan ekspresi. Perasaan saya pastinya senang karena ini pertama kalinya untuk saya mengikuti lomba baca cerpen bahkan di tingkat nasional. Di awal saya sangat ragu untuk mengikuti lomba baca cerpen ini, tapi saya dipercaya dan selalu diyakinkan oleh teman- teman Sanggar Aksara dan Pak Candra selaku dosen dari Pendidikan Bahasa Indonesia untuk maju ke perlombaan KOMNAS SENIOR UAD 2023. Hingga akhirnya dari kepercayaan ini saya mendapatkan juara 3 dengan kategori Baca Cerpen,” kata Ara, sapaan akrabnya.

Mengusung tema “Discover Yourself, Design Your Future, and Plan For Your Dream”, kompetisi tersebut bergulir mulai tanggal 12 Juli hingga 12 Agustus 2023. Setidaknya ada sekitar 49 tangkai lomba yang disediakan, baik individu maupun kelompok. Kompetisi Nasional Bidang Seni dan Olah Raga (KOMNAS SENIOR) sebagai salah satu rangkaian UAD Fair 2023. Kegiatan ini sebagai wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni, baik seni suara, seni sastra, seni bela diri, seni tari,seni lukis dan sejenisnya, maupun Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Shared: