Membanggakan! Mahasiswa FKIP Raih Juara II Mawapres Universitas

Sabtu, 13 Juni 2020 21:14 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

(Sumber : Instagram Prodi Pendidikan Bilogi @pendidikanbiologiumm)

Siti Mubasiroh, mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP, berhasil meraih juara 2 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas tahun 2020 pada 5 Juni 2020 lalu.

Untuk meraih gelar tersebut, mahasiswa semester 6 ini harus melalui serangkaian proses. Proses pertama yakni seleksi karya ilmiah, prestasi akademik, dan prestasi nonakademik. Selanjutnya, ia harus melakukan presentasi karya ilmiah secara online melalui Google Meet yang disertai sesi tanya jawab dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Lazimnya seorang peserta kompetisi pada umumnya, ia sempat merasa minder di awal. Namun, perasaan itu dengan segera diatasi.  

“Pasti ada perasaan minder. Saya merasa kurang di banyak hal dan berbeda dengan peserta yang lain, terutama dari unsur teknologinya. Namun, ketika saya berada di final atau presentasi, saya memantapkan diri. Saya sudah bekerja keras jadi apa pun hasilnya tetap disyukuri,” tutur Siti dalam wawancara via pesan singkat beberapa waktu lalu.

Lantas, apa yang ia suguhkan hingga akhirnya terpilih meraih juara II? Di hadapan tiga juri, ia memaparkan karya ilmiah tentang desain pembelajaran IPA menggunakan miniatur sebagai model dan disertai audio yang berisi materi pembelajaran untuk memudahkan siswa SD dalam memahami materi dan memicu minat belajar siswa.

Kompetisi dan karya ilmiah memang seolah melekat erat dalam diri Siti Mubasiroh. Pasalnya, ia begitu menyukai karya ilmiah. Hal lain yang mendorongnya untuk rajin mengikuti kompetisi, menurut gadis kelahiran Jombang 21 tahun silam ini, adalah kesempatan bertemu dengan delegasi dari kampus lain yang idenya sangat beragam dan menarik.

“Saya menyukai karya ilmiah. Itu yang membuat suka ikut lomba karya tulis ilmiah. Dalam kompetisi-kompetisi itu, saya bertemu dengan delegasi dari berbagai kampus yang idenya macam-macam dan menarik. Kami sharing banyak hal. Itu membawa energy positif ke saya untuk bisa terus belajar dan berkarya,” ucapnya.

Beberapa kompetisi yang ia juarai di antaranya Lomba Karya Tulis Al-Quran Universitas Negeri Jakarta Tahun 2018, Lomba Karya Tulis Ilmiah 2019 di STIKI Malang, Call For Papper Indonesian Student Researcher Festival (ISRF) Tahun 2018 dan Tahun 2019, serta lomba essay  Science Education Fair (SEF) Universitas Negeri Semarang Tahun 2019.

(Siti Mubasiroh dalam lomba essay SEF UNS. Sumber : doc pribadi)

Hal itu dibenarkan pula oleh Ketua Prodi Pendidikan Biologi, Dr. Iin Hindun, M.Kes. Dalam kacamata Dr. Iin Hindun, Siti Mubasiroh memang mahasiswa yang istimewa. Dia adalah mahasiswa yang penuh semangat dan rajin mencari informasi lomba. Membanggakannya, dalam setiap perlombaan yang dia ikuti, dia selalu menang.

“Dia aktif mencari informasi lomba dan selalu berkomunikasi dengan Prodi. Prodi tentu menyambut baik dan memberikan fasilitasi pembimbingan. Dan Alhamdulillah dia selalu menang di setiap lomba tersebut. Itu ajeg dilakukan dari semester ke semester, sehingga prestasi yang diperoleh memang kumpulan dari waktu ke waktu yang tidak diperoleh secara instan.,” terang Dr. Iin Hindun.  

Pencapaian Siti Mubasiroh tentu menjadi kebanggaan bagi Prodi Biologi. Prodi Biologi memberikan apresiasi berupa ucapan selamat dan mensosialisasikannya melalui media sosial maupun banner. Tak hanya itu, Siti juga diminta memberikan sharing pengalaman ketika ada kegiatan umum yang menghadirkan mahasiswa dengan harapan bisa memberikan manfaat dan tauladan bagi mahasiswa lainnya.

Kepada Siti, Dr. Iin Hindun berpesan untuk terus memiliki motivasi berprestasi.

“Untuk Siti Mubasiroh, kemengan ini semoga dapat menjaga stamina dan lebih memotivasi untuk memperoleh prestasi-prestasi berikutnya. Ini adalah awal yang baik untuk mengukir prestasi berikutnya,” tutupnya. (*FP)

Shared: