Menuju Akreditasi Sinta 2, Jurnal Kembara Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Terima Kunjungan Benchmarking Jurnal LINGUA Unsoed

Rabu, 02 Agustus 2023 01:42 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malang– Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang menerima kunjungan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jendral Soedirman, Rabu (26/07). Bertempat di Ruang 202 GKB 4 UMM, kunjungan yang digelar dalam 5 jam itu bertujuan untuk studi banding tata kelola dan peningkatan kualitas Jurnal KEMBARA.

Arif Setiawan, M.Pd., Kepala Prodi PBI FKIP UMM yang juga sebagai pengelola Jurnal KEMBARA menyambut baik kerja sama yang dijalin antar kedua pengelola jurnal. Ia juga menjelaskan bahwa sekarang adalah era kolaborasi, jadi sudah bukan zamannya lagi untuk menutup diri dan saling menyembunyikan “ramuan” perihal tata kelola jurnal ilmiah. Dosen yang akrab dipanggil Pak Arif tersebut juga menjelaskan banyak hal tentang tata kelola Jurnal KEMBARA hingga bisa mendapatkan akreditasi SINTA 2.

“Dengan pencapaian jurnal KEMBARA saat ini, tentu bukan proses yang sebentar, kami yang terlibat dalam pengelolaan jurnal bekerja sama untuk menentukan formula terbaik untuk menunjang kualitas Jurnal KEMBARA ini. Untuk saat ini, kami juga sudah bekerja sama dengan melibatkan mahasiswa dalam seleksi awal jurnal kami. Artinya Jurnal KEMBARA ini punya tahapan seleksi yang cukup panjang, agar nanti naskah yang terbit bukan naskah yang abal-abal. Jadi mahasiswa yang terlibat dengan tim, kami bekali dengan formula dan indikator untuk menentukan naskah yang masuk layak atau tidak layak. Kemudian, akan akan  diperiksa dan dicek ulang oleh tim editor sebagai tahap seleksi lanjutan,” jelas Pak Arif.

Sementara itu, Nadia Gitya Yulianita, S.Pd., M.Li. sebagai Editor in Chief Jurnal Ilmiah Lingua Idea juga menyampaikan banyak terima kasih atas ruang yang telah diberikan. Beliau juga mengaku senang karena telah mendaptkan ilmu baru tentang pengelolaan jurnal dan cara untuk meningkatkan kualitas jurnal yang ada di KEMBARA. Bu Gita, sapaan akrbanya, berharap dengan adanya kerja sama ini dapat menjadi bekal untuk pengelola Jurnal Ilmiah Lingua Idea untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan terbitan jurnalnya. “Kami sangat berterima kasih karena sudah diterima dengan tangan terbuka, dialog dan diskusi dua arah juga sangat aktif, tentu ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pengelola jurnal dan semoga Jurnal Ilmiah Lingua Idea Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jendral Soedirman bisa menyusul Jurnal KEMBARA agar bisa naik tingkat menjadi SINTA 2,” tutupnya.

Shared: