Miliki Kinerja Anggaran Terbaik, FKIP dan Prodi Pendidikan Biologi Raih Penghargaan

Sabtu, 19 Agustus 2023 03:28 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malang—Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Prodi Pendidikan Biologi berhasil meraih penghargaan pengelolaan terbaik tahun 2023. Penghargaan itu diterima langsung Wakil Dekan II FKIP UMM, Dr. Abdulkadir Rahardjanto, M.Si dan Kaprodi Pendidikan Biologi Prof. Dr. Rr. Eko Susetyorini, M.Kes. dalam upacara Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-78, Kamis (17/08/2023). Selain sertifikat penghargaan, diterimakan juga dana apresiasi senilai empat juta rupiah.

Dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 248/SK/UMM/VIII/2023 tentang Penghargaan Kinerja Keuangan Tingkat Fakultas dan Program Studi Terbaik Tahun 2023 UMM itu, FKIP dan Prodi Pendidikan Biologi menduduki peringkat pertama. Setidaknya ada empat kriteria penilaian yang diterapkan dalam hal ini, yakni struktur organisasi dan strander operasional prosedur, kinerja keuangan, sistem pengendalian internasl, dan temuan umum keuangan. Penilaian sendiri dilaksanakan pada audit yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Internail (BPI) UMM.

Sejatinya, ini bukan pertama kali Prodi Pendidikan Biologi memperoleh peringkat pertama. Tahun 2022, Prodi Pendidikan Biologi mendapatkan predikat serupa. Menariknya, tahun 2023 ini terjadi peningkatan skor yang signifikan, dari 3.900 poin pada 2022 menjadi 4.175 pada 2023.

Ditanya tentang kiat mempertahankan capaian kinerja keuangan, Kaprodi Pendidikan Biologi menyatakan, kuncinya adalah linieritas dan akuntabilitas. Prodi telah menyusun Standar Operasional prosedur (SOP) keuangan secara tertulis. Selain itu, Prodi juga telah membuat RAB, sehingga semua pengeluaran harus disesuaikan dengan RAB yang telah disusun itu.

“Semua pengeluaran disesuaikan dengan SOP dan RAB. Jika ada perubahan, memang kadang kondisi di lapang menuntut adanya perubahan, maka kami selalu membuat adendum,” pungkas Prof. Eko, sapaan akrabnya.

Yang kedua adalah ada bukti-bukti yang lengkap dan real. Semua itu dikelola oleh bendahara yang dalam hal ini adalah Fendy Hardian Permana, M.Pd.

Hal senada juga terlihat catatan hasil audit keuangan yang menyatakan bahwa Prodi Pendidikan Biologi telah menyertakan bukti transaksi secara lengkap dan memiliki nomor urut sesuai dengan catatan transaksi pada catatan rekapitulasi keuangan Prodi.

Sementara itu, Wakil Dekan II FKIP menerangkan bahwa sistem pencatatan keuangan memang sangat penting. Setiap penerimaan dana dari universitas dialokasikan sesuai jenis dana setiap caturwulan dan dicatat dalam aplikasi software pencatatan keuangan tersebut.

“Salah satu yang diapresiasi kemarin adalah bahwa FKIP telag melakukan sistem pencatatan secara terpisah sesuai dengan jenis dana dengan menggunakan aplikasi software yang disediakan BPI,” kata Kadir.

Kadir pun berharap capaian ini bisa menjadi motivasi bagi Prodi yang lain di lingkungan FKIP untuk terus meningkatkan kinerja keuangannya. “Ini menjadi Amanah bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik. Prodi Pendidikan Biologi berhasil mempertahankan predikat ini dua tahun berturut-turut. Semoga FKIP juga demikian. Di samping itu, semoga capaian ini juga bisa menyemangati Prodi-prodi yang lain,” tagasnya.

Shared: