Pakar Pendidikan Kewarganegaraan: Nurul Zuriah "PKn Berkemajuan Membentuk Indonesia Paripurna"

Selasa, 30 Juni 2020 20:00 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Kita Satu Kita Pancasila, Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UMM telah menjadi investasi yang sangat tepat bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air. ”PPKn itu mata pelajaran yang diajarkan mulai dari jenjang pendidkkan dasar hingga Sekolah Menengah Atas, bahkan di Perguruan Tinggi mata kuliah ini masih diajarkan. Pentingnya Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di masa pandemi seperti ini akan membentuk smart and good citizen dengan membentuk sikap peduli sosial”, ujar Ibu Dr. Nurul Zuriah, M.Si dalam acara #PDKTFKIP Episode 3, (Senin, 29/06/2020).

Program unggulan yang disandang oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni twinning program. Bagi mahasiswa yang ingin memperoleh dua gelar sekaligus yaitu S.Pd dan S.H dapat mengikuti program tersebut. Sedangkan Jargon PKn berkemajuan dikembangkan dari tag line UMM yaitu Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa. Konsep berkemajuan sebenarnya berasal dari muktamar ke 46 di Yogyakarta yaitu Gerakan Islam Berkemajuan. Jadi PKn berkemajuan adalah pengajaran PKn yang diinternalisasikan dengan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan atau AIK.

Di akhir acara Nurul mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia yang berkemajuan untuk bergabung di Prodi PPKn guna mengkaji secara bersama-sama tentang PKn berkemajuan menjadi sebuah paradigma baru untuk Indonesia yang berkemajuan. Indonesia yang berkemajuan adalah Indonesia yang paripurna.

“Salam sehat dan bermartabat, PPKn UMM siap berjihat demi kemajuan umat. Mari bergabung bersama-sama!” tutupnya. (*Sin)

Shared: