#PDKTFKIP Eps 4: Mencetak Pendidik Profesioal Melalui Pendidikan Biologi

Minggu, 05 Juli 2020 09:42 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Pendidik saat ini harus memiliki profesionalitas yang tinggi, keberadaan FKIP UMM merupakan bentuk investasi pendidikan bagi masa depan masyarakat Indonesia. “Semua orang yang ingin mencapai surga dan pendidik adalah bentuk amalan ilmu, begitu pula FKIP yang bertujuan untuk meningkatkan peradaban manusia”, jelas Dr. Iin Hindun, M.Kes. selaku ketua prodi biologi dalam acara #PDKTFKIP Episode 4, (Sabtu, 04/07/20).

Dalam acara siaran langsung pada akun instagram @fkipumm_official, Dr. Iin Hindun, M. Kes atau yang biasa kita sapa Bu Iin menjabarkan dengan jelas dan komunikatif mengenai banyak hal terkait Pendidikan Biologi UMM. Pendidikan Biologi akan memberikan bekal sesuai dengan minat mahasiswa yang tentunya berkaitan dengan lingkungan sekitar.

FKIP UMM memang hadir sebagai lembaga untuk menghasilkan para pendidik yang profesional, misalnya dalam Program Studi Biologi yang merupakan ilmu terapan artinya memiliki hubungan yang sangat penting dengan bidang ilmu yang lainnya. Selain itu, Program Studi Biologi memiliki visi untuk menjadikan biologi terkemuka dan profesional di dalam memgembangkan pendidik dan nilai-nilai islam. “Maka dari itu, Biologi dapat dikatakan sebagai program studi yang terkemuka sebab Biologi FKIP UMM sudah dipercaya untuk melaksanakan lesson studi yang ke 5”, ungkap Bu Iin.

Agar visi biologi terkemuka dapat terealisasi, maka prodi Biologi melaksanakan Program Berbaha Inggris di Lingkungan Biologi yakni sebagai bentuk upaya mewujudkan Prodi Biologi di kancah Internasional. Selain itu, Biologi juga menawarkan beberapa tujuan di luar dunia pendidikan yakni menjadi seorang peneliti dan wirausaha. Program studi Biologi sudah merancang kurikulum dan mata kuliah dengan sangat ideal sebagai wadah bagi mahasiswa mencapai tujuannya.

Tidak hanya menghasilkan mahasiswa yang inovatif dan kreatif, Prodi Biologi juga memberikan fasilitas berupa Laboratorium yang sudah tersertifikasi dan diakui secara nasional. Terdapat beberapa laboratorium yang dapat digunakan penelitian baik mahasiswa UMM atau di luar UMM.

“Prodi Biologi dikatakan unggul ketika menghasilkan mahasiswa yang menjadi pendidik unggul, dosen yang banyak pengalaman hingga luar negeri, dapat beradaptasi dengan masyarakat dan bermanfaat”, pungkas Iin. (*Shin)

Shared: