#PDKTFKIP Eps 6: Program Pendidikan Bahasa Inggris, Pintu Mendidik di Kancah Internasional

Jum'at, 10 Juli 2020 09:45 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ada di Universitas Muhammadiyah Malang sejak tahun 1988. Prodi yang memiliki motto Be Future Professional ini telah berusaha sekuat tenaga untuk membuat platform atau dasar yang sangat kokoh bagi seluruh lulusannya. “Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki karakter khusus yakni adanya tujuan menghasilkan pendidik profesional dengan didesainnya mata kuliah yang sangat bermanfaat bagi para pendidik di era saat ini, seperti komputer dan juga EYL”, jelas Bapak Bayu Hendro Wicaksono, S.Pd., M.Ed., Ph. D pada siaran langsung #PDKTFKIP di akun instragram @fkipumm_official, (Kamis, 09/07/20).

Para dosen yang dihadirkan untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yakni dosen yang berasal dari Belanda, Jepang, Australisa, dan masih banyak lagi yang tentunya memiliki banyak sekali pengalaman dan dapat dijadikan pertimbangan yang sangat bagus untuk calon mahasiswa yang akan bergabung di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. “Satu kunci yang dapat saya sampaikan untuk generasi muda yakni komunikasi dan mengartikulasikan bahasa ke semua orang di seluruh dunia” tegas Pak Bayu. Hal tersebut diartikan bahwa ketika seseorang dapat menyampaikan bahasa ke seluruh dunia maka dirinya telah memenangkan kompetisi.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris telah menyediakan banyak sekali fasilitas bagi mahahasiswa, seperti perpustakan dengan akses jurnal luar negeri, Lab. Bahasa, Lab. Drama, Lab. Micro Teaching, dan pusat studi untuk mencari informasi studi di luar negeri seperti American Corner. American Corner telah menjadi salah satu daya tarik karena tidak semua Perguruan Tinggi memilikinya, sebab pemerintah Amerika percaya bahwa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris layak mengakses informasi yang ada di Amerika.

Selain akses informasi ke luar negeri, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki program unggulan yakni magang luar negeri untuk mengasah kemampuan mengajar di luar negeri yang dikemas dalam bentuk KKN Internasional yang dilaksanakan di Thailand dan Malasia.

“Program tudi Pendidikan Bahasa Inggris telah didesain berbeda dengan kampus lain yakni dapat menyelasaikan masa studi 3.5 tahun, selain itu akan dibekali pelatihan mengajar untuk guru pemula dengan mendatangkan siswa SD ke Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM,” pungkas Bayu. (*Sin)

Shared: