Perkuat Budaya Mutu: FKIP UMM Lakukan Audit Mutu Internal (AMI) Bersama Tim Auditor BPMI

Rabu, 03 Mei 2023 22:27 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malang—FKIP UMM laksanakan Audit Mutu Internal (AMI), Sabtu  (15/04/2023). Bertempat di Ruang Sidang FKIP UMM, GKB 1 Lantai 6 R. 614, kegiaatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja tahunan dalam anggaran selama tahun 2022 di tingkat UPPS maupun Program studi di Lingkungan FKIP.

Hadir pada kegiatan ini, Tim Audit Mutu Internal UMM  Bapak Dr.Ir  Samin, MT, IPM selaku Koordinator auditor; Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si, Dr. Ir. Fatimah Nursandi, M.Si (Anggota Tim Auditor) serta Dra. Sri Wahyuni, M.Kes (Observer) dan Rosyidin, S.Si (Admin). Kehadiran Tim Auditor disambut langsung oleh Pejabat struktural di Lingkungan FKIP yang meliputi Dr. Trisakti Handayani, MM (Dekan), Wadek I (Dr. Sugiarti, M.Si), Wadek II ( Dr, Abdul Kadir Rahardjanto, M.Si) serta Bayu Hendro Wicaksono, PhD selaku Wadek III.

Selain itu, hadir pula Para Kaprodi di lingkungan FKIP UMM, yang berasal dari 7 Program studi yaitu Kaprodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Drs. Mansur Ibrahim, M.Si, Kaprodi Pendidikan Biologi (Prof. Dr. Rr. Eko Susetyarini, M.Si), Kaprodi Pendidikan Matematika ( Adi Slamet Kusumawardana, M.Si), Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia ( Arif Setyawan (M.Si) Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris  (Drs. Jarum, M.Ed), Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Bustanol Arifin, M.Si serta Kaprodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dr. Iin Hindun, M.Kes, serta para Sekprodi dan Staff Tata Usaha FKIP.

Kegiatan AMI  merupakan proses pengujian yang sistematis, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan apakah pelaksanaan kegiatan yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Malang sudah sesuai prosedur dan apakah hasilnya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan internal untuk mencapai tujuan Universitas Muhammadiyah Malang. Sebelum AMI dilaksanakan BPMI mengadakan sosialisasi pelaporan SPMI melalui SIM SPMI 2.0. selanjutnya UPPS maupun Program Studi melakukan Monitoring dan Evaluasi Mandiri  SPMI dengan mengisi SIM SPMI 2.0 dan siap di audit.

Dekan FKIP, Dr. Trisakti Handayani, MM. dalam sambutannya  menyampaikan pentingnya AMI bagi UPPS dan Prodi. “ Kegiatan AMI ini rutin diadakan setiap tahun, sebagai bagian dari kegiatan penjaminan mutu. Tim auditor Bersama sama dengan UPPS dan Prodi sebagai Auditee bersama-sama mencermati kelengkapan siklus PPEPP yang telah lakukan, dengan demikian kegiatan audit ini sangat membantu UPPS dalam menjalankan siklus penjaminan mutu internal.” kata Trisakti. Selain itu  dari kegiatan ini diharapkan dapat terpetakan kesiapan UPPS/Prodi dalam melaksanakan program akreditasi LAMDIK, serta peluang peningkatan mutu UPPS/Prodi.

Sementara itu, koordinator auditor, Dr.Ir  Samin, MT, IPM menjelaskan proses dan tujuan AMI. “Kami tim auditor sebelumnya telah melakukan desk audit melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), nah field audit ini adalah upaya konfirmasi temuan desk audit terutama yang masuk katagori observasi dan ketidak sesuaian minor maupun mayor. Kegiatan AMI ini rutin diadakan pada bulan April setiap tahunnya,” Papar Samin pada pembukaan AMI.

Dalam  kegiatan ini, kepala Gugus Penjaminan Mutu Internal (GPMI) FKIP  Dra Sri Wahyuni, M.Kes, secara teknis bertindak menjadi pembawa acara dan mencatat hal-hal penting selama proses audit yg bisa menjadi bahan perbaikan pelaksanaan semua tahapan siklus PPEPP.  Pelaksanaan field audit diawali dengan konfirmasi dengan para kaprodi, lalu dilanjutkan konfirmasi dengan kepala UPPS. Sesi konfirmasi dilakukan terkait dengan temuan sementara tim auditor berdasarkan isian pelaksana mutu pada aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UMM, terutama yang tertandai sebagai unsur yang dianggap adanya Ketidaksesuaian (KTS) Minor dan Mayor. Sebagai penutup dalam kegiatan AMI  di FKIP ini  dilakukan pembacaan hasil dan rekomendasi audit, penandatanganan Berita Acara Audit, dan pengambilan dokumentasi foto bersama.

Shared: