Pesmaba FKIP Hari Ke-1, Mahasiswa Deklarasikan Menjadi Intelektual Muda Pendidikan Berkemajuan

Minggu, 11 September 2022 20:12 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Malang—Memulai tahun ajaran baru 2022/2023, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang menggelar Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (PESMABA) Tahun 2022. Kali ini ada yang berbeda dari pelaksanaan Pesmaba ini. Jika dua tahun terakhir pesmaba digelar secara daring, pesmaba kali ini digelar secara daring penuh. Sebanyak 377 mahasiswa baru FKIP UMM yang mengikuti hari pertama pesmaba, yang dihelat di aula GKB III Lantai 6 UMM. Acara diawali dengan tampilan tari kreasi Mari Kangen dari UKM Sansekerta.

Pesmaba hari pertama, dihadiri oleh jajaran dekanat serta Kaprodi, Sekprodi, dan Kepala Labolatorium di lingkungan FKIP UMM. Pada kesempatan kali ini, wakil dekan I, Dr. Sugiarti, membuka kegiatan pesmaba dan memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk bisa bangga menjadi guru.

“Saudara sudah berada di jalan pilihan yang benar. Keputusan Saudara untuk menjadi guru adalah keputusan yang tepat karena guru adalah profesi yang tidak akan pernah mati, profesi yang insyaAllah mengantarkan kita semua ke surganya Allah,” tegas Sugiarti disambut tepuk tangan meriah para mahasiswa baru.

Selanjutnya, ia menegaskan bahwa mahasiswa FKIP UMM harus memiliki idealisme. Idealisme itu diwujudkan dengan memanfaatkan potensinya secara maksimal untuk masa depannnya. Di samping itu, juga memanfaatkan waktu dengan baik agar bisa menjalankan peran sebagai agent of change. Agent of change ditandai dengan tiga hal yaitu ilmu, teknologi, dan peradapan. Dalam arti, para mahasiswa baru yang menuntut ilmu di FKIP UMM dengan mengikuti perkembangan teknologi agar dapat membangun peradapan.

“Peradapan yang dimaksud di sini tentu adalah peradapan akhlakul karimah. Ini penting karena Saudara adalah ujung tombak dalam bonus demografis Indonesia 2045,” tegasnya.

Sambutan dilanjutkan dengan seremonial pembukaan secara resmi. Wakil Dekan 1 dan 2 membuka penutup kain di depan miniature kelas yang berupa standing foto sosok guru dan papan bertuliskan 2026. Ini merupakan simbolisasi “Program UMM Pasti!”, bahwa mahasiwa FKIP Angkatan 2022 akan lulus tetap waktu pada tahun 2026. Kemudian, para perwakilan mahasiswa menandatangani deklarasi komitmen UMM Pasti. Deklarasi ini berbunyi:

Kami intelektual muda FKIP UMM berkomitmen menjadi mahasiswa kritis, kreatif, dan solutif terhadap berbagai isu terkini dengan berlandaskan pada nilai-nilai Islam untuk menjadi pendidik muda professional yang berkontribusi terhadap Pendidikan berkemajuan pada tahun 2026.”

Diterangkan Ketua BEM FKIP, Mohammad Nurudin Wicaksono, deklarasi ini sejalan dengan tema Pesmaba 2022 yakni “Menjadi Intelektual Muda Berkarakter Unggul untuk Pendidikan Berkemajuan”.

“Saat ini kita tengah berada dalam VUCA. VUCA adalah akronim dari volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity yang merujuk pada situasi yang bergejolak, tidak pasti, kompleks, dan ambigu. Oleh sebab itu, komitmen untuk menjadi intelektual muda yang berkarakter unggul menjadi kunci untuk dapat menciptakan Pendidikan berkemajuan di masa mendatang,” terang mahasiswa Prodi PGSD itu.

Kegiatan pesmaba hari pertama ini diakhiri dengan paparan materi Penjabaran Visi dan Misi Fakultas dan Pengenalan Pejabat Struktural yang disampaikan oleh Wakil Dekan I. (*fid)

Shared: