Pesmaba Hari Ke-2 FKIP, Dorong Mahasiswa Jadi Pegiat Pendidikan Berjiwa Wirausaha

Selasa, 06 Oktober 2020 07:03 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

foto : istimewa

Malangļ¼Pengenalan studi mahasiswa baru FKIP UMM berlanjut pada hari kedua, Senin (05/10/20). Acara digelar pada pukul 08.30 hingga pukul 12.30 di Aula GKB IV Lantai 9 dan disiarkan secara langsung di kanal youtube FKIP UMM OFFICIAL. Acara diawali dengan pengenalan lembaga intra kampus seperti BEMFA, SEFA, LSO Katamati, LSO Didaktik, LSO Cendekia, HMJ, dan IMM.

Secara khusus, kali ini, sebagai upaya mendorong mahasiswa baru menjadi pegiat pendidikan berjiwa wirausaha, FKIP menghadirkan Nur Rohman, alumni sukses dari Prodi Pancasilan dan Kewarganegaraan. Pemilihan Nur Rohman sebagai sosok yang dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada para mahasiswa baru sangat beralasan. Pasalnya, kegigihannya dalam berwirausaha sejak berstatus mahasiswa mengantarkannya menjadi mentor di Business Road Mapp (BRM) Malang, CEO Kusuka Catering, dan CEO Si Segar Malang.

Kepada para mahasiswa, Nur Rohman menegaskan bahwa jiwa entrepreneur harus diterapkan mahasiswa sejak dini mengingat yang terjadi di masa depan merupakan hasil dari tindakan di masa kini.

“Yang terjadi besok adalah tindakan kita hari ini. Oleh karena itu, teman-teman mahasiswa harus disiplin terhadap diri sendiri, berani mencoba dan tidak menutup diri, selalu upgrade kapasitas diri, dan perluas jaringan serta relasi. Jika kita lunak pada diri sendiri, maka dunia akan keras pada kita. Namun, jika kita keras pada diri sendiri, maka dunia akan melunak pada kita. Meski teman-teman mahasiswa tidak berpijak di dua dunia, pendidikan dan wirausaha, setidaknya jiwa wirausaha inilah yang harus teman-teman pegang,” tutur alumni yang pernah menjabat sebagai ketua SEFA FKIP pada 2012.

Terakhir, sebagai penutup Wakil Dekan berpesan agar mahasiswa mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki melalui unit kegiatan mahasiswa UMM.

“Terkait serangkaian kegiatan pesmaba kemarin hingga hari ini, saya berharap materi materi yang diberikan oleh narasumber dari dekanat dan juga dari BEM, SEFA, HMJ, LSO, dan sebagainya itu bisa menambah wawasan dalam menapaki perjuangan yang saya yakin ke dapan jauh lebih berat. Saudara harus bisa mengembangkan bakat dan minat karena Universitas Muhammadiyah Malang telah menyediakan berbagai macam unit kegiatan mahasiswa. Silakan dimanfaatkan dengan baik,” tutur Rohmad Widodo. (*/fp)

Shared: