PPG FKIP UMM Gelar Orientasi Mahasiswa PPG dan Launching HKI Kolaboratif

Rabu, 20 Juli 2022 01:23 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malang—Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Malang gelar Orientasi Akademik, Senin (18/7/2022) lalu. Digelar secara hybrid—daring melalui Zoom dan luring dari The Singhasari Hotel & Resort—kegiatan ini disertai dengan launching 16 produk 16 Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kolaborasi dosen dan mahasiswa. Acara ini dihadiri oleh Rektor UMM, Koordinator Pokja Inovasi dan Transformasi Asesmen PPG, dan jajaran sivitas akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM.

Ferry Maulana Putra, selaku Koordinator Pokja Inovasi dan Transformasi Asesmen PPG menyampaikan profil PPG dalam Jabatan. “Tujuan PPG dalam jabatan ini tentunya adalah menjadikan guru profesional yang cakap akan adanya transformasi perubahan model pembelajaran,” tegas Ferry.

Dalam paparannya, Ferry juga mengulas tentang Standar Pendidikan Guru, Sistem Pendidikan Program PPG Dalam Jabatan, Tahapan Penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan, Kerangka Utama Transformasi GTK, hingga Alur Pembelajaran PPG Dalam Jabatan.

Di sisi lain, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Fauzan MPd menegaskan bahwa Pendidikan Profesi Guru (PPG) bukan sekadar mendapatkan sertifikat dan formalitas saja, tetapi menjadi kunci dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dalam menentukan masa depan Indonesia.

Hal ini menjadi penting, utamanya dalam menyongsong bonus demografi yang dimulai pada 2030 nanti dan Indonesia emas di 2045 mendatang.

“Saudara-saudara harus mampu memahami era di 20 tahun ke depan. Akan jadi seperti apa dunia kita nanti. Ini harus jadi bahan perenungan kita bersama sehingga kita mampu memberikan inovasi dan perubahan signifikan. Mau tidak mau kita juga harus berubah seiring perubahan zaman,” tegas Fauzan.

Ia menegaskan bahwa program PPG ini harus bisa membentuk guru yang memiliki mindset bahwa pendidikan itu dinamis. Akan selalu berubah dan menyesuaikan dengan era yang ada. Menurutnya, investasi paling utama adalah investasi pendidikan karena kualitas SDM akan menentukan warna peradaban yang akan dicapai Indonesia.

Tahun ini, PPG FKIP UMM menyelenggarakan program PPG dalam jabatan kategori I untuk 945 peserta. Dalam laporannya, Dr. Iin Hindun, M.Kes sebagai Kaprodi Program Profesi Guru menjelaskan bahwa dari jumlah tersebut, 875 mahasiswa adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, 35 mahasiswa adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, dan 35 mahasiswa adalah mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Menariknya, pada kegiatan orientasi ini, Prodi PPG FKIP UMM juga me-launching 16 Hak Kekayaan Intelektual (HKI) buah karya kolaborasi para mahasiswa dan dosen. Sederet HKI tersebut berupa poster, metode,serta lembar kerja peserta didik. Ini menjadi bukti PPG Kampus Putih untuk terus berinovasi dan mengembangkan para mahasiwanya.

Baca juga:

Program PPG Harus Membentuk Mindset Guru bahwa Pendidikan Itu Dinamis

Orientasi Akademik untuk Guru Berkemajuan

UMM Cetak dan Siapkan Guru dan SDM Masa Depan (Republika.co.id)

UMM Cetak dan Siapkan Guru dan SDM Masa Depan (Beritabaru.news)

UMM Cetak dan Siapkan Guru dan SDM Masa Depan (Harian Aceh)

UMM Cetak dan Siapkan Guru dan SDM Masa Depan (Matain.id)

UMM Cetak dan Siapkan Guru dan SDM Masa Depan (Kepsir.com)

Shared: