Prodi Biologi UMM Raih Hibah CoE MBKM

Selasa, 13 April 2021 15:10 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malangļ¼Konsep EDU-PREUNEURSHIP yang digagas Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang untuk program hibah Centre of Excellence (CoE) Merdeka Belajar dan kampus Merdeka berbuah manis. Melalui surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 1418/E2/DM00.01/2021, Prodi Pendidikan Biologi dinyatakan lolos dan didanai.

Kematangan konsep realisasi program yang dikemas dalam “EDU-PREUNEURSHIP” adalah salah satu kunci keberhasilan program studi Pendidikan Biologi UMM  dalam program hibah CoE ini. Hal itu diungkap Nurwidodo, M.Kes selaku ketua tim CoE.

“Konsep ini hadir dengan menggabungkan antara konsep Education (Pendidikan) dan Enterpreunership (Kewirausahaan) yang memang keduanya telah menjadi keunggula Prodi selama ini,” pungkasnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Prodi Pendidikan Biologi UMM memang memfokuskan diri dalam merealisasikan visi penyelarasan pendidikan dan kewirausahaan. Pasalnya, hal ini disadari dapat menjawab tantangan era disrupsi saat ini.

Program unggulan Edu-Preuneurship ini memiliki 6 sub kegiatan, yakni magang kewirausahaan, KKN tematik membangun desa, asistensi mengajar sekolah tertinggal,  pertukaran pelajar, penelitian, dan sosialisasi implementasi MBKM ke-prodi mitra.

“Salah satu agenda inti CoE ini adalah menjadi role model bagi prodi lainn yang masih belum menerapkan MBKM. Jadi, nantinya program ini akan disosialisasikan ke tiga prodi di UMM, yaitu Prodi PPKn, Prodi Kehutanan, dan Prodi Manajemen. Adapun mitra di luar UMM yaitu Universitas Muhammadiyah Kupang dan STKIP Sumenep,” terang Nurwidodo.

Ditemui secara terpisah, Ketua Prodi Pendidikan Biologi, Dr. Iin Hindun, M.Kes, menyampaikan harapan terhadap pengimplemlementasian rencana program CoE.

“Saya  berharap Prodi Pendidikan Biologi dapat mengembangkan keenam kegiatan program MBKM ini dan menjadikan prodi ini sebagai oase yang menebarkan kebermanfaatan untuk mahasiswa dan juga institusi,” kata Iin. (*fid)

Shared: