Rakornas Asosiasi LPTK PTMA Se-Indonesia di FKIP UMM, Bahas Strategi Pengembangan LPTK

Sabtu, 16 September 2023 10:36 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malang—Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) ke-XV. Agenda yang berlangsung 13-15 September 2023 ini bekerjasama dengan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Total ada 250 peserta dari 55 LPTK PTMA se-Indonesia hadir dalam acara yang digelar di Rayz Hotel UMM ini.

Tujuan penyelenggaraan Rakornas ini adalah untuk sharing best practice dan sekaligus merumuskan strategi pengelolaan kelembagaan LPTK di PTMA. Karena itu, kegiatan rakornas menghadirkan tiga rektor visioner PTMA, yakni Dr. Rustamadji, M.Si. (Rektor UNIMUDA Sorong), Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si (Rektor UMS), dan Prof. Dr. Fauzan, M.Pd. (Rektor UMM). Dalam paparannya, Dr. Rustamadji menekankan pentingnya positive mindset serta bekerja dengan cepat dalam merespon berbagai potensi kerja sama dalam rangka menghasilkan “pemilih fanatik” UNIMUDA Sorong. Sejalan dengan itu, Prof Anif mengatakan keberanian dan kejelasan visi misi pimpinan menjadi faktor penting dalam keberhasilan pengembangan PT. “Saya menyadari bahwa SDM menjadi kunci pengembangan UMS. Jadi, setelah saya dilantik saya meminta izin pada PP untuk menambah 1 wakil rektor untuk khusus mengurus SDM dan memberangkatkan sekitar 500 dosen untuk studi S3,” terangnya.

Keberanian berinovasi dan tidak terbelenggu dalam aturan-aturan juga menjadi pokok materi Prof. Fauzan. Di depan para hadirin, Fauzan menjelaskan bagaimana UMM berhasil membentuk 40 Center of Exellence sebagai program unggulan Prodi. Salah satunya adalah CoE Kelas Unggulan Anggrek dan CoE Entrepreneur Perbukuan di FKIP. “CoE ini adalah wujud bagaimana UMM berupaya menghasilkan lulusan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan industri lewat kolaborasi pengajaran, magang, bahkan rekrutmen dengan mitra DUDI. Dengan begitu, UMM dapat memberikan kepastian kepada para orang tua/wali mahasiswa. Bahwa, dengan jargon UMM PASTI putra-putri mereka pasti lulus tepat waktu, pasti bekerja, dan pasti mandiri,” kata Fauzan.

Selain itu, Rakornas ini juga menghadirkan Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Temu Ismail, S.Pd., M.Si. untuk mengupas topik Arah dan Kebijakan Pengembangan GTK Kemendikbudristek, serta Deputi VI Kemenko PMK, Prof. Warsito, S.Si., D.E.A., Ph.D. untuk memaparkan tentang Penguatan dan Pengembangan LPTK di Era VUCA.

Sesi pematerian kemudian dilanjutkan dengan sesi paralel yang terbagi dalam tiga ruang focus group discussion (FGD). Ruang FGD pertama membahas tentang Strategi Akreditasi Kependidikan Unggul (LAMDIK dan Internasional), ruang FGD kedua membahas tentang PPG PTMA, sementara ruang FGD ketiga membahas forum asosiasi program studi (APS) PTMA. Kegiatan rakornas ditutup dengan perumusan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari ketiga divisi. Khusus untuk akreditasi, Ketua Asosiasi LPTK PTMA, Prof. Harun Joko Prayitno mengimbau, LPTK PTMA untuk berkolaborasi dalam menghasilkan publikasi Scopus dan meningkatkan sitasi dengan mengimplementasikan materi workshop pada hari sebelumnya. “Dengan begitu, standar 9 dari dokumen borang akreditas LAMDIK akan maksimal hasilnya,” tutur dosen UMS itu.

Dr. Trisakti Handayani, M.M, Dekan FKIP UMM dalam sambutan penutupan megucapkan selamat jalan kepada para peserta Rakornas. Ia pun berharap, Rakornas yang diselenggarakan selama tiga hari ini akan menjadi perekat kerjasama sekaligus membangun komitmen dan kepentingan bersama dalam rangka mensukseskan keunggulan lembaga. “Atas nama pimpinan saya merasa senang atas dipilihnya FKIP UMM sebagai tuan rumah. Semoga ilmu dan inspirasi yang diperoleh dapat diimplementasikan di institusi Bapak/Ibu, dan kolaborasi antar LPTK PTMA semakin kuat. Selamat jalan, semoga selamat kembali ke rumah dan sampai bertemu kembali dalam rakornas LPTK PTMA 2024,” tutupnya. (*fd)

Shared: