Sukses Pertahankan Predikat Persentase Lulusan PPG Terbaik 5 Tahun Berturut-turut, PPG FKIP UMM Terima Penghargaan Kemenag

Minggu, 13 Agustus 2023 12:53 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malang—Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih penghargaan dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Di bawah kepemimpinan Dr. Trisakti Handayani, M.M., PPG FKIP UMM mampu membuktikan diri sebagai salah satu penyelenggara Program PPG terbaik di Indonesia. Alhasil, PPG FKIP UMM berhasil meraih penghargan sebagai Penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) terbaik dalam Jabatan dengan Prosentase Lulusan Tertinggi selama lima tahun berturut-turut pada rentang 2018—2022. Sertifikat penghargaan diserahkan secara langsung oleh Subkoordinator Bina Guru MI dan MTs Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Agama, Mustofa Fahmi, di FKIP UMM 11 Agustus 2023 lalu.

Ditemui di kantornya, Dekan FKIP UMM, Dr. Trisakti Handayani, M.M. mengatakan sedianya ia menerima penghargaan tersebut pada 31 Mei 2023 di Jakarta. Dalam acara bertajuk Rapat Koordinasi dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan para dekan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) itu, FKIP UMM menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Umum (LPTK Umum) yang diundang secara khusus bersama UIN Bandung dan UIN Yogyakarta. Namun, Dr. Trisakti berhalangan hadir karena kegiatan bersamaan dengan pelaksanaan Asesmen Lapang (AL) Akreditasi LAMDIK Prodi PGSD.

“Sayangnya, undangan bersamaan dengan AL Prodi PGSD. Jadi, saya tidak bisa hadir karena tentu saja saya harus mendampingi Prodi PGSD. Dan waktu itu posisinya saya tidak tahu kalau akan menerima penghargaan,” terang Trisakti.

Lalu, lanjut Trisakti, Fahmi menyampaikan bahwa akan berkunjung ke UMM untuk menyerahkan penghargaan tersebut dan sekaligus membahas beberapa program PPG yang sedang dan akan dijalankan di UMM. Acara penyerahan sertifikat penghargaan digelar secara informal di ruang rapat FKIP UMM. Dalam kesempatan ini, Fahmi menyampaikan apresiasi kepada UMM atas konsistensi dalam menyelenggarakan PPG yang berkualitas.

“Sejak 2018 sampai 2022, UMM selalu menempati rangking teratas untuk tingkat kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKM-PPG). Ini tentu sudah sangat menggambarkan bagaimana komitmen PPG FKIP UMM dalam menyelenggarakan PPG yang berkualitas secara konsisten. Kami sangat mengapresiasi hal itu,” ungkap Fahmi.

Trisakti pun mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian ini. Baginya, penghargaan ini merupakan sebuah motivasi untuk terus memberikan yang terbaik. “Pertama, tentu sangat bersyukur atas prestasi ini. Yang kedua, piagam penghargaan ini sesungguhnya memotivasi kami untuk terus berbuat yang terbaik dalam mewujudkan guru profesional di Indonesia,” terangnya.

Acara penyerahan sertifikat dilanjutkan dengan diskusi santai tentang pelaksanaan PPG di FKIP UMM. Saat ini, Prodi PPG FKIP UMM sedang menjalankan PPG dalam jabatan bagi guru-guru ex PLPG. Saat ini, para mahasiswa tersebut sedang menyiapkan UKPPG. Di samping itu, ada pula PPG Kemenag dalam jabatan Angkatan 1 Tahun 2023 yang meliputi bidang studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, dan PPKn. Dalam waktu dekat, PPG FKIP UMM juga akan melaksanakan PPG dalam jabatan Kemenag Angkatan II. (*fd)

Shared: