Ujian Akhir Semester, Ini Dua Skema yang Diterapkan FKIP UMM

Senin, 10 Juli 2023 03:06 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malang—Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Ujian Akhir Semester (UAS) dengan dua skema dalam lima hari, tanggal 5 Juni hingga 10 Juni 2023. Kedua skema tersebut yakni Ujian Tatap Muka (UTM) dan Ujian Praktikum.

Adi Slamet Kusumawardhana, M.Si., ketua panitia UAS mengatakan, dua skema ujian disesuaikan dengan karakteristik mata kuliah. UTM diberlakukan untuk mata kuliah berbasis teori, sementara ujian praktikum diberlakukan untuk mata kuliah berbasis praktik seperti Mata Kuliah Penyutradaraan, Speaking, Desain dan Animasi Grafis, Seni Karawitan, Statistika, dan Microteaching. Berbeda dengan UTM yang digelar dengan penjadwalan fakultas, ujian praktikum dilaksanakan di luar jadwal yang telah ditentukan fakultas.

“Jadwal ujian praktikum dikembalikan kepada dosen masing-masing. Namun, pelaksanaannya tetap berapa pada rentang pelaksanaan UAS sebagaimana kalender akademik UMM,” terang Adi.

Secara umum, tambah Adi, pelaksanaan UAS berjalan dengan lancar dan tertib. “UAS dilaksanakan sesuai arahan dekanat pada rapat koordinasi UAS. Alhamdulillah berjalan lancar,” kata dosen yang juga menjabat sebagai Kaprodi Pendidikan Matematika ini.

Kesuksesan ini tak lepas dari ketersediaan dan pengimplementasian Standar Operasional Prosedur (SOP) yang salah satunya menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan UAS. Sebelum pelaksanaan ujian, dosen mengirimkan soal kepada tim penjaminan mutu di tingkat Prodi untuk proses verifikasi soal. Harapannya, soal yang disusun sudah sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).

“Selain itu, tim penjaminan mutu juga mengecek apakah soal sudah memenuhi kriteria soal HOTs (Higher Order Thinking Skills), persebaran tingkat kesulitan soal, dan ranah penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor atau belum,” tambahnya. 

Jika dalam proses verifikasi hasilnya ada yang perlu direvisi, maka dosen akan merevisi soal dan menyerahkan kembali pada tim penjaminan mutu untuk diverifikasi ulang. Soal yang telah terverifikasi selanjutnya diserahkan kepada panitia oleh tim penjaminan mutu.

Keberhasilan UAS ini juga tak lepas dari dukungan pimpinan fakultas. Sebelum pelaksanaan UAS, pimpinan fakultas menggelar pertemuan dengan seluruh dosen dan karyawan, Senin (26/07). Dalam pertemuan itu, dekanat mengimbau seluruh dosen untuk terlibat dalam pelaksanaan UAS.

“Kelancaran UAS ini juga tidak bisa tercapai tanpa partisipasi Bapak/Ibu sekalian. Oleh karena itulah, kami berharap Ibu/Bapak sekalian dapat terlibat dalam pelaksanakan UAS ini,” ungkap Dekan FKIP, Dr. Trisakti Handayani, M.M. (*fid)

Shared: