Concern Akan Regenerasi Pecinta Matematika, Prodi Pendidikan Matematika UMM Gelar Olimpiade dan Lomba Esai Matematika

Minggu, 14 November 2021 08:08 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Malangļ¼Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Malang sukses menggelar Matriks Mathematics Olympiad (MMO) dan Lomba Esai Matematika Nasional (LEMNAS), Sabtu (13/11). Matriks Mathematics Olympiad ditujukan untuk siswa SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat. Adapun Lomba Esai Matematika Nasional ditujukan untuk mahasiswa.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. Moh. Mahfud Effendy, M.Pd., mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menumbuhkan kecintaan pada Matematika.

“Kita melihat ada tren penurunan minat pada Matematika. Itu terjadi secara nasional. Jadi, muncul kekhawatiran akan regenerasi pecinta Matematika,” tuturnya saat ditemui di sela acara.

Berangkat dari sana, Olimpiade Matematika ini juga memuat edukasi Matematika. Para peserta diberi gambaran tentang Pendidikan Matematika yang berbeda dengan stigma yang ada di masyarakat, bahwa Matematika kaku dan tidak fleksibel.

“Harapannya, ada silaturahmi dan edukasi, sehingga para peserta ini dapat menyebarkan virus cinta Matematika pada teman-temannya. Jadi prinsipnya, ini adalah bentuk komitmen kami dalam upaya melahirkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul di bidang Matematika,” ungkapnya.  

Ditemui secara terpisah, Laisanti Ayu Febriani selaku ketua pelaksana mengatakan, animo para peserta sangat tinggi. Tercatat, ada 77 peserta tingkat SMP/Sederajat dan 81 peserta tingkat SMA/Sederajat.

“Alhamdulillah para peserta sangat antusias. Total ada 158 peserta untuk Matriks Mathematics Olympiad,” pungkas mahasiswi semester 5 ini.

Olimpiade ini, lanjutnya, terbagi dalam tiga babak, yakni babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Babak penyisihan dilaksanakan 10 Oktober 2021, sementara babak semifinal dan babak final dilaksanakan 13 November 2021. Sementara itu, lomba esai terbagi dalam dua tahap, yakni tahap seleksi dan tahap final yang juga digelar pada 13 November 2021.

“Ya, jadi hari ada dua kegiatan berjalan pada hari ini. Semifinal dan final untuk MMO dan final untuk LEMNAS. Di tahap final ini, finalis LEMNAS mempresentasikan esai yang telah dikirimkan,” terang mahasiswi yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Keilmuan HMJ Prodi Pendidikan Matematika itu.

Dari tahapan-tahapan itu, diperoleh juara MMO tingkat SMP yakni M. Arkananta Putra dari SMPN 2 Jember untuk juara 1, Ahmad haizun Tafdhila  dari SMP Lukman al Hakim untuk juara 2, dan Daffa Atha Arkana dari MTSN 1 Kota Malang untuk juara 3. Adapun juara MMO tingkat SMA yakni Aldyto Rafif Abhinaya dari MAN 2 Kota Malang untuk juara 1, Leontina Maydeline Davinson dari SMA PJ Global School untuk juara 2, dan Enrique Alexis Joskamilanto dari SMA Santo Pertus Pontianak untuk juara 3. Adapun juara 1 LEMNAS adalah tim dari Universitas Airlangga, juara 2 tim dari Universitas Muhammadiyah Kudus, dan juara 3 dari Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Menariknya, Prodi Pendidikan Matematika tak hanya menyajikan hadiah berupa sertifikat dan uang pembinaan, tetapi juga free pass Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang.

“Kita harus mengapresiasi dan mewadahi talenta mereka. Jangan sampai mereka tidak melanjutkan  karena kendala-kendala teknis. Apalagi, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMM ini memiliki program-program unggulan seperti Karya Ilmiah Setara Skripsi (KISS), Asistensi Magang Skripsi dan KKN (ASIK Plus), Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memfasilitasi mahasiswa untuk studi tepat waktu dengan pengalaman dan keterampilan yang luas sesuai tuntutan sumber daya manusia abad 21,” pungkas Mahfud. (*fid)

Shared: