FKIP dan Prodi Pendidikan Biologi Kembali Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik

Rabu, 21 Agustus 2024 10:30 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

FKIP News—Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Program Studi Pendidikan Biologi berhasil meraih penghargaan pengelolaan terbaik tahun 2024. Penghargaan tersebut disampaikan dalam upacara Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-79 pada Sabtu (17/08/2024). Selain sertifikat penghargaan, mereka juga mendapatkan dana apresiasi.

Dalam Surat Keputusan Rektor tentang Penghargaan Kinerja Keuangan Tingkat Fakultas dan Program Studi Terbaik Tahun 2024 UMM, Prodi Pendidikan Biologi meraih peringkat pertama sementara FKIP meraih peringkat ketiga. Penilaian melibatkan empat kriteria utama: struktur organisasi dan standar operasional prosedur, kinerja keuangan, sistem pengendalian internal, serta temuan umum keuangan. Penilaian ini dilakukan melalui audit yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Internal (BPI) UMM.

Ini merupakan kali ketiga bagi Prodi Pendidikan Biologi meraih peringkat pertama. Kaprodi Pendidikan Biologi menjelaskan bahwa kunci untuk mempertahankan capaian kinerja keuangan adalah linieritas dan akuntabilitas. Program studi telah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) keuangan secara tertulis dan menyusun Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang harus dipatuhi dalam setiap pengeluaran.

"Semua pengeluaran disesuaikan dengan SOP dan RAB. Jika ada perubahan, yang kadang diperlukan karena kondisi lapangan, kami selalu membuat adendum," jelas Prof. Eko, sapaan akrabnya.

Ia juga menambahkan bahwa bukti-bukti transaksi harus lengkap dan dikelola dengan baik oleh bendahara, Fendy Hardian Permana, M.Pd. Hasil audit keuangan menunjukkan bahwa Prodi Pendidikan Biologi menyertakan bukti transaksi secara lengkap dengan nomor urut yang sesuai dengan catatan rekapitulasi keuangan.

Wakil Dekan II FKIP, Prof. Dr. Abdulkadir Rahardjanto, M.Si, menjelaskan pentingnya sistem pencatatan keuangan yang baik. Setiap penerimaan dana dari universitas dialokasikan sesuai jenis dana dan dicatat dalam aplikasi software pencatatan keuangan.

"Salah satu hal yang diapresiasi adalah bahwa FKIP telah menerapkan sistem pencatatan secara terpisah sesuai jenis dana dengan menggunakan aplikasi software yang disediakan BPI," kata Prof. Kadir.

Prof. Kadir pun berharap pencapaian ini dapat memotivasi program studi lain di FKIP untuk terus meningkatkan kinerja keuangannya. "Ini menjadi amanah bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik. Prodi Pendidikan Biologi berhasil mempertahankan predikat ini tiga tahun berturut-turut. Semoga FKIP juga demikian dan capaian ini dapat menyemangati program studi lainnya," tutupnya. (*fd)

Shared: