FKIP UMM Kembali Gelar Orientasi PPG Prajabatan Tahun 2022

Senin, 12 Desember 2022 00:38 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

MALANG – Sebanyak 304 mahasiswa ikuti Orientasi Akademik dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 2 tahun 2022 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (9/12). Kegiatan yang dilaksanakan secara luring di Hotel Grand Mercure ini diikuti oleh 70 mahasiswa bidang studi Biologi, 41 mahasiswa bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan, 47 mahasiswa bidang studi Bahasa Inggris, dan 146 mahasiswa bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Dr. Iin Hindun, M.Kes, Ketua Prodi PPG mengatakan, hal itu didasarkan pada surat Direktur Pendidikan Profesi Guru Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudsritek. Ia pun mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung pada seluruh mahasiswa.

“Selamat bergabung di Prodi PPG FKIP UMM. Di sini kita akan berproses bersama dalam upaya menghasilkan guru-guru profesional masa depan,” kata in Hindun.

Lebih lanjut, Dekan FKIP UMM Dr Trisakti Handayani MM menjelaskan secara rinci pelaksanaan PPG Prajabatan ini. Dalam sambutannya, ia mengatakan, mahasiswa PPG akan melaksanakan kegiatan selama dua semester dengan 12 matakukiah dan bobot 39 SKS hingga 2023. Yang menarik, mahasiswa PPG Pra Jabatan ini akan terjun langsung ke sekolah sejak semester 1.

"Dari 39 SKS ini, 16 SKS nanti berisikan tentang Praktik Pengalaman Lapang atau PPL. Sehingga mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman nyata yang sangat bermanfaat bagi pengembangan profesinya ke depan," pungkasnya.

Dalam proses pembelajaran nanti, mahasiswa akan dibekali dengan penguasaan teknologi. Ini sebagai bentuk komitmen FKIP UMM dalam menyebut jika PPG Prajabatan diarahkan untuk menciptakan generasi di Indonesia yang siap menyongsong era global dengan penguasaan teknologi yang handal melalui peran guru. 

“PPG FKIP UMM akan mewujudkan guru profesional yang mengamalkan Pancasila, berkomitmen menjadi teladan, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat,” tukasnya. 

Baca Juga:

Jawa Post Radar Malang: UMM Sambut 304 Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022

Shared: