Lanjutkan Kerja Sama, FKIP UMM Teken Perpanjangan MoU dengan Attarkia Islamic Institut Narrathiwa dan Al Hidyah Hatyai Thailand

Selasa, 04 Juni 2024 22:40 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

FKIP News—Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali tanda tangani perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Attarkia Islamic Institut Narrathiwa dan Al Hidyah Hatyai Thailand, Rabu (4/6/2024).

Attarkia adalah salah satu perguruan yang memiliki sekolah dari SD, SMP, SMA hingga Diploma-1 bidang vokasi. Berlokassi di provinsi Narrathiwat, Thailand, sekolah yang dipimpin oleh Phaisan Toryib ini telah menjalin kerjasama sejak tahun 2018 dengan FKIP UMM dengan program magang mahasiswa (internship), seminar internasional dan sit in untuk mengajar bahasa Indonesia bagi dosen FKIP. Sementara itu Al Hidayah adalah perguruan Islam yang didirikan oleh komunitass muslim di Hatyai, Thailand Selataan dan dipimpin oleh Adun Meatam. Kerjasama yang telah berlangsung cukup lama tersebut kini direvitalisasi dengan penandatanganan MoU baru sebagai landasan formal realisasi programnya (MoA).

Prof. Dr. Trisakti Handayan, MM.,selaku Dekan FKIP menyatakan bahwa kerjasama dengan Attarkia ini sangat layak dilanjutkan karena benefit yang diperoleh bagi mahasiswa cukup bermakna. Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dan memperluas koneksi internasional yang berguna bagi pengembangan diri dalam mempersiapkan masa depannya. “Sambutan dari Attarkia yang terbuka dan hangat untuk mahasiswa maupun dosen FKIP UMM perlu dimanfaatkan sebagai peluang. Diharapkan mahasiswa dan dosen tertarik dan dapat menindaklanjuti MoU ini kedalam aktivitas nyata program kemitraan,” ungkapnya.

Sementara itu pemilik dan manager Attarkia, Phaisan Toryib menyampaikan terimakasih atas perpanjangan MoU yang dilakukan. Attarkia sangat antusias untuk melanjutkan kerjasama yang telah terbangun dalam kerangka mempererat tali silaturahim dan persahabatan sesama muslim. “Salah satu benefit yang diperoleh dari kerjasama ini adalah dakwah Islam dan dalam kerangka mencari keutamaan, manfaat peradaban, pendidikan antar bangsa dan yang lebih penting lagi adalah ridha Tuhan,” kata Phaisan dalam sambutannya. Ia pun berharap bahwa kerjasama ini dapat mengurangi sekat yang membatasi hubungan antara keduabelah pihak. Oleh karenanya beliau menyampaikan undangan untuk sedapatnya direalisasi MoU tersebut melalui kunjungan balik dari FKIP ke Attarkia, Narrathiwat.

Sejalan dengan itu, Adun Meatam sebagai pendiri perguruan tersebut menyambut baik MoU dan mendukung untuk berbagai kegiatan, seperti KKN dik, Seminar dan saling kunjung untuk belajar atau benchmarking.

Menutup acara penandatanganan, Dr. Nurwidodo, M.Kes selaku koordinator internship dan KKNdik Internasional FKIP menyatakan bahwa jalinan kerjasama dengan Attarkia dan Alhidayah Thailand ini membuka peluang untuk promosi mahasiswa baru dari berbagai sekolah di Thailand. Diharapkan animo mahassiswa asal Thailand dapat meningkat kembali. Sebelum Covid-19, tercatat banyak mahasiswa asal Thailand yang kuliah di FKIP UMM, namun mengalami penurunan yang drastis setelah tergerus oleh covid19 tahun 2020-2022 yang lalu. Melalui MoU ini promosi dan rekruitmen mahasiswa internasional perlu diikutkan sehingga tatangan internasionalisasi program studi di lingkungan FKIP dapat terealisasi. (*nrwd) 

Shared: