Membanggakan, Center of Excellence (CoE) Entrepreneur Perbukuan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Raih Juara 1 Kelas Profesional Terbaik

Rabu, 21 Agustus 2024 11:28 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

FKIP News—Center of Excellence (CoE) Entrepreneur Perbukuan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih juara pertama dalam kategori Center of Excellence Kelas Professional Terbaik Tahun 2024. Pengumuman ini dilakukan pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 yang berlangsung di helipad UMM pada tanggal 17 Agustus 2024.

Penghargaan ini diumumkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Center of Excellence Nomor: E.2.a/47/COE-UMM/VI1/2024 tentang Penetapan Center of Excellence Kelas Professional Terbaik Tahun 2024. Surat keputusan ini mencerminkan pencapaian luar biasa yang diraih oleh CoE Entrepreneur Perbukuan dalam berbagai aspek penilaian. Penilaian untuk kategori ini mencakup berbagai indikator penting, antara lain jumlah peserta CoE, partisipasi peserta dari Kelompok Tenaga Kerja (KTW), serta jumlah Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang aktif. Selain itu, jumlah konten media sosial yang diposting, kepatuhan dalam pengumpulan laporan kemajuan, kelengkapan dokumen, dan hasil monitoring serta evaluasi laporan kemajuan tahun 2024 juga menjadi bagian dari penilaian.

CoE Entrepreneur Perbukuan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia memang telah memiliki basis  kerja sama yang kuata dan luas. Berbagai penerbit ternama seperti Intan Pariwara, Sanggar Aksara, Bentang Pustaka, New Book Store (NBS), Intrans Publishing, dan Mata Kata Inspirasi menjadi mitra dalam program ini. Melalui kerja sama ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis melalui magang di penerbit-penerbit tersebut tetapi juga telah berhasil direkrut oleh beberapa perusahaan tersebut setelah menyelesaikan masa magang mereka. Kolaborasi ini telah memperkuat hubungan antara akademik dan industri, memberikan peluang berharga bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan mereka di dunia kerja nyata.

Dalam penilaian ini, CoE Entrepreneur Perbukuan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia berhasil menunjukkan pencapaian yang mengesankan di semua indikator tersebut. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi tim, yang dipimpin oleh Eggy Fajar Andalas sebagai koordinator program.

Eggy Fajar Andalas mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. “Kami sangat bersyukur dan bangga atas penghargaan ini. Ini adalah hasil kerja keras seluruh tim dan dukungan dari semua pihak yang terlibat. Keberhasilan ini tidak lepas dari komitmen kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas program,” ujarnya.

Eggy menambahkan, pencapaian ini menjadi motivasi untuk terus berkembang dan melakukan inovasi. “Pencapaian ini memotivasi kami untuk terus bekerja dengan semangat yang sama dan berusaha lebih keras lagi. Target dalam waktu dekat adalah menambah jejaring kerja sama dengan Publisher mayor nasional, sehingga mahasiswa punya lebih banyak pengalaman,” ungkapnya.

Wakil Dekan I FKIP UMM, Dr. Sugiarti, M.Si., juga mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini. “Penghargaan ini adalah bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras tim CoE Entrepreneur Perbukuan. Kami berharap pencapaian ini akan memotivasi Center of Excellence lainnya di FKIP UMM untuk terus meningkatkan kinerja mereka,” katanya.

Pencapaian ini membawa dampak positif bagi pengembangan lebih lanjut program serta kegiatan-kegiatan lainnya yang akan datang. Dengan dukungan yang terus-menerus dan semangat untuk berinovasi, CoE Entrepreneur Perbukuan diharapkan dapat terus memberikan kontribusi yang berarti dalam bidang perbukuan serta pendidikan bahasa Indonesia. Keberhasilan ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan. (*fd)

Shared: