Membanggakan! Tim Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Kembali Juarai Lomba Essay Nasional

Rabu, 10 Juli 2024 10:10 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

FKIP News - Kelompok mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang Gebyar Nasional Essay Siswa dan Mahasiswa (GENESIS) yang diselenggarakan pada 6-7 Juli 2024 lalu di Universitas Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kelompok yang diketuai oleh Annisaa Khorunnillah, angkatan 2021, ini terdiri dari empat anggota lainnya, yaitu Aida Aulia Sekti Asih, Dwi Erlinawati, Makrifatul Khoiriyah, dan Rahma Futri Inadi, dari angkatan 2022. Pada lomba tersebut, Annisaa dan kawan-kawan mengusung tema yang berjudul "Luma: Media Pembelajaran Ludo Matematika pada Siswa SMP dalam Pemahaman Konsep Bangun Datar".

Media pembelajaran berupa Ludo yang disajikan dengan pemahaman konsep Bangun Datar yang memiliki  tujuan dari gagasan LUMA adalah mempermudah siswa dalam memahami konsep bangun datar. Hal ini dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Manfaat dari media pembelajaran LUMA adalah membantu siswa belajar sambil bermain yang akan menumbuhkan sikap kerjasama dan mengatasi permasalahan bahkan rasa ingin tahu yang tinggi. Game ini dapat dimainkan mulai dari 2-4 orang dan terdapat kartu yang memiliki 3 simbol berbeda dan bermain secara bergantian.

Motivasi mereka dalam mengikuti lomba ini sangat kuat, karena mereka percaya bahwa setiap langkah yang diambil mendekati kemenangan, bukan hanya untuk meraih piala, tetapi juga untuk mengumpulkan pengalaman berharga dan pembelajaran yang tak ternilai.

Annisaa Khorunnillah juga mengungkapkan rasa syukurnya dengan prestasi yang telah diraih. "Alhamdulillah, ini merupakan pengalaman terbaik yang tidak pernah saya sangka sebelumnya. Saya juga pernah mengikuti lomba essay tingkat nasional di Bali, bersama dengan rekan baik saya Risyda Fauziatul Afidah, perjuangan saya tidak berhenti di situ. Saya terus mengejar target untuk berprestasi di tingkat nasional,” ungkap Annisaa.

Jurusan Pendidikan Matematika turut mendukung perjalanan mereka dalam persiapan hingga hasil akhir lomba. "Peran jurusan sangat membantu dalam persiapan dan pembimbingan kami untuk mencapai prestasi ini," kata Annisaa.

Dengan lolos sebagai finalis dan berhasil meraih dua judul sekaligus, kelompok ini berharap prestasi mereka dapat menjadi motivasi bagi orang-orang di sekitarnya. Mereka juga berharap dapat terus berkontribusi dan menginspirasi orang lain dengan pencapaian mereka.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Adi Slamet Kusumawardana, M.Si., mengucapkan selamat atas prestasi gemilang yang diraih oleh mahasiswanya. "Kami bangga atas prestasi yang diraih oleh Annisaa Khorunnillah dan anggota kelompoknya. Mereka telah menunjukkan dedikasi dan keunggulan dalam menghadapi tantangan lomba tingkat nasional," jelasnya.

Bayu Hendro Wicaksono, Ph.D, Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM, mengapresiasi pencapaian kelompok mahasiswa berprestasi ini. "Prestasi yang diraih oleh mahasiswa Pendidikan Matematika ini sangat membanggakan. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan akademik yang luar biasa dan mampu bersaing di tingkat nasional. Kami berharap prestasi ini menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa dan memiliki motivasi untuk terus mengembangkan potensi dalam bidang Pendidikan Matematika," ungkapnya.

Prestasi ini menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMM memiliki potensi dan komitmen yang kuat dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan akademik mereka. Diharapkan ke depannya, prestasi ini akan memberikan dorongan bagi mereka untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam bidang pendidikan matematika.

Shared: