Wow, Mahasiswa FKIP Menang Stand Up Comedy Online Raditya Dika!

Rabu, 17 Juni 2020 11:20 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Foto : youtube Raditya Dika

Malang—Siapa yang tak kenal Raditya Dika? Komika, penulis, aktor, sutradara, sekaligus youtuber nomor wahid di Indonesia. Akhir Mei lalu, Radit mempersembahkan segmen baru di youtubenya yang bertajuk “Stand Up Comedi Online: Komedi Tanpa Ketemu”, sebuah kompetisi stand up via telepon dengan durasi satu menit.

Yang menarik adalah, di Stand Up Comedy Online episode tiga, Ahad (14/06/2020), ada nama Fajar Mukti sebagai salah satu komika yang unjuk gigi di hadapan Indra Jegel, Mosidik, dan Prily Latuconsina sebagai juri. Fajar Mukti adalah mahasiswa semester 8 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang. Di depan ketiga juri dan Raditya Dika sebagai host, Fajar menyuguhkan stand up comedy tentang hubungan yang alay dengan mantan kekasihnya. Ia pun menuai tawa dan berbagai pujian.

“Aku suka banget karena menurut aku stand up-nya bisa relate sama semua orang. Aku, semua orang pernah kayak gitu juga. Ceritanya banyak jadi ada banyak bahan untuk ketawa,” tutur Prily Latuconsina.

Ketiga juri pun sepakat Fajar memiliki kualitas jauh di atas peserta yang lain sehingga berhak menjadi jawara dan mendapat hadiah satu juta rupiah.

“Fajar Mukti udah yang paling paling paling bener, paling rapi, semuanya… Juga paling lengkap,” ungkap Indra Jegel.  

Terkait kemenangannya, Fajar mengaku cukup kaget. Ia tak menyangka spontanitasnya dalam mendaftar dan mengirim materi sesaat setelah mendapatkan informasi dari kolom komentar berbuah manis. Ia tidak hanya dihubungi admin dan diminta mengirim materi 1,5 menit dengan format voice note, tetapi benar-benar bisa mempersembahkannya di hadapan figur-figur panutan di dunia stand up comedy. Video yang baru diunggah 3 hari yang lalu itu bahkan sudah ditonton oleh 1.177.350 kali dan menempati trending #34 youtube.

“Ini ibarat menang kelereng dan dapat bonus. Bagi saya, yang paling penting adalah mengerjakan apa pun yang membuat kita tumbuh dan senang. Prestasi atau uang akan menyusul. Yang penting tumbuh secara pikiran” ungkap Fajar Mukti di akhir percakapan bersemangat.

Fajar memang menyukai dunia stand up comedy sejak 2013. Hal itu membuatnya secara konsisten mengikuti berbagai perlombaan stand up comedy dan tergabung dalam komunitas Stand Up Indo Malang. Tak hanya itu, ia melebarkan sayap di bidang penulisan naskah. Kini ia menjadi salah satu script writer webseries “Tonggo Dewe” yang diperankan oleh Eza Gionino, Ivan Ray, dan Rio Indrawan. Go ahead, Fajar! Live your passion and reach your bright future! (*/fid)

Shared: