Yudisium Periode I Tahun 2024, Kontribusi Pendidikan Masa Depan yang Menginspirasi Negeri

Jum'at, 23 Februari 2024 23:39 WIB   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

FKIP News—Sebanyak 93 Mahasiswa dari berbagai program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menyelesaikan studi mereka dan telah mengikuti yudisium periode I Tahun 2024, Jumat (16/02/2024). Acara yudisium ini menjadi momentum bagi para Mahasiswa untuk merayakan keberhasilan mereka dalam menyelesaikan pendidikan tinggi.

Para peserta yudisium terdiri dari 22 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 22 Mahasiswa Program Studi Matematika (MTK), 12 Mahasiswa Program Studi Biologi, 11 Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia, dan 26 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Selain para lulusan, acara yudisium juga dihadiri oleh jajaran pimpinan Prodi, dosen FKIP UMM, dan tamu undangan lainnya. Dilaksanakan di hotel Rayz (UMM),  Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB dan berlangsung secara lancar dan hikmat.

Kali ini, tema yang diusung sangat inspiratif, yaitu “Kontribusi Pendidikan Masa Depan yang Menginspirasi Negeri”. Sejalan dengan tema, Dekan FKIP, Dr. Trisakti Handayani, M.M., dalam sambutannya menyatakan bahwa tema yudisium kali ini sangat menantang bagi para lulusan dalam berkontribusi untuk mewujudkan pendidikan masa depan siap melangkah lebih jauh, menginpirasi negeri.  Ia menambahkan, bonus demografi tahun  dan Indonesia emas 2045 menuntut banyak hal kepada diri para lulusan  untuk menyiapkan diri dalam berkompetisi dengan berbagai keterampilan yang harus dikuasai. Kenyataan ini harus dihadapi dengan penuh rasa percaya diri, dedikasi , kerja keras dan kerja cerdas yang mampu menyatukan 3 kecerdasan yaitu kecerdasan intelektual , kecerdasan emosinal dan kecerdasan spiritual,” pungkasnya.

Trisakti pun berpesan, agar alumni FKIP UMM dapat menjadi teladan dan model bagi generasi muda lainnya. Alumni FKIP UMM adalah generasi yang tegas namun menjunjung tinggi etika dan berkepribadian Indonesia. Teguhkan diri kalian, tatap masa depan dengan penuh optimis, dan raihlah mimpi besar kalian agar dapat menjadi pemain tidak hanya di negeri sendiri, namun juga menjadi pemain dunia. “Pegang erat dan syiarkan nilai-nilai yang telah kalian dapatkan dari Kampus Putih tercinta ini kapanpun dan dimanapun kalian berada,” katanya disambut tepuk tangan para calon wisudawan/wisudawati.

Terakhir, Trisakti mengajak semua lulusan FKIP untuk bangga menjadi guru dan mengambil kesempatan emas mendapatkan beasiswa LPDP untuk Program Pendidikan profesi Guru Prajabatan Angkatan 2 Tahun 2024. Pasalnya, pemerintah telah menyediakan 59.000 kursi beasiswa untuk para fresh graduate yang berkomitmen untuk menjalani profesi guru ini.

Dalam acara yudisium, para lulusan juga diberikan penghargaan dan sertifikat atas prestasi akademik maupun non-akademik yang telah mereka raih selama menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang. Hal tersebut merupakan bentuk apresiasi dari pihak kampus kepada para lulusan yang telah berjuang keras dan berhasil menyelesaikan pendidikan mereka dengan baik.

Para lulusan sendiri sangat antusias dan bangga atas keberhasilan mereka dalam menyelesaikan pendidikan tinggi. Mereka mengaku telah banyak belajar dan mendapatkan pengalaman berharga selama menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang. Mereka juga berharap dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat dan negeri ini melalui profesi yang mereka tekuni.

Peserta yudisium juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan harapan mereka ke depan dalam forum diskusi yang diadakan setelah acara yudisium selesai. Mereka bersemangat untuk mengimplementasikan ilmu yang telah mereka peroleh selama perkuliahan dan siap untuk menjadikan pendidikan sebagai salah satu fondasi utama pembangunan bangsa.

Acara yudisium dengan tema “Kontribusi Pendidikan Masa Depan yang Menginspirasi Negeri” ini diharapkan dapat menjadi titik awal bagi para lulusan untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di negeri ini. Dengan semangat juang dan dedikasi yang tinggi, para lulusan diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi generasi masa depan. Selamat untuk para lulusan Universitas Muhammadiyah Malang periode I tahun 2024, semoga sukses selalu dalam menjalani karier dan kehidupan mereka ke depan. (*sny/ed:fd)

Shared: